Agar Tak Terjebak Agen Travel 'Bodong' saat Ingin Umrah, Ini Tipsnya!

agi masyarakat yang berkeinginan menjalankan ibadah umroh tidak perlu pusing memikirkan persoalan terjebak pada travel umroh bodong.

theguardian.com
Jemaah haji melintas di jembatan menuju lokasi pelemparan jumrah. 

TRIBUNJAMBI.COM, BALIKPAPAN - Bagi masyarakat yang berkeinginan menjalankan ibadah umroh tidak perlu pusing memikirkan persoalan terjebak pada travel umroh bodong.

Ada tips dan trik supaya tidak terjerat perangkap bisnis ilegal berkedok travel umroh.

Saat Tribun menyambangi Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Kota Balikpapan, terungkap, ternyata ada sistem daring yang bisa melacak keberadaan travel umroh.

Melalui hal itu nanti bisa melihat travel yang dinyatakan resmi dan aman secara hukum, sehingga dijamin tidak akan terjebak pada ganasnya tindakan kriminalitas.

Shaleh, Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag RI wilayah Balikpapan, mengatakan saat ini Kementrian Agama telah meluncurkan aplikasi sistem online. Setiap masyarakat bisa mengakses dimana pun dan kapan pun. Asalkan tersambung dengan jaringan internet.

"Aplikasinya diberi nama Umroh Cerdas. Bisa jadi panduan bagi kaum muslim yang ingin berangkat umroh melalui jasa travel," ujarnya pada Rabu (31/1) pagi di ruang kerjanya Jalan Mayjen DI Panjaitan, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara.

Baca: Pacaran 10 Tahun, Beda Agama Namun Cinta Membuat Pasangan Seleb Ini Tetap Menikah

Baca: Pengamanan Mulai Ketat di Cengkareng, Jelang Kabar Kepulangan Rizieq Shihab

Baca: Video - Lapangan Sepakbola Desa Rasa di Eropa, Penasarankan Lokasinya?

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut bisa diunduh masyarakat melalui berbagai perangkat smartphone. Pandangi layar smartphone yang tersambung internet, lakukan pencarian di play store.

Halaman
123
Editor: suci
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved