Breaking News:

Mari ke Danau Sipin Jambi, di Sini Bakal Ada Air Mancur Menari

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI. - JIKA Anda ingin menikmati pemandangan senja sambil merasakan semilir angin nan

Editor: ridwan
TRIBUN JAMBI/MAREZA SUTAN AJ
11022018_danau sipin 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI. - JIKA Anda ingin menikmati pemandangan senja sambil merasakan semilir angin nan sejuk, tempat ini bisa jadi pilihan. Hembusan angin di tepi danau membelai kulit Anda yang butuh sentuhan ketenangan.

Anda bisa menikmatinya kapan saja. Namun, suasana senja adalah yang terbaik. Karena bisa menyaksikan sunset di ufuk Barat di ujung danau. Keramba-keramba bersusun rapi berjejer di tepian danau. Burung-burung berkicau, berterbangan ke sana ke mari, pulang dari mencari makan seharian.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat nelayan bersampan kecil. Sampan-sampan itu didayung, menyisiri sudut danau. Di tepinya, jalan setapak berlukis-lukis akan memanjakan mata Anda. Anda juga bisa berswafoto di sana.

Lokasinya tidak jauh. Anda cukup datang ke jalan danau, kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.
Wali Kota Jambi Syarif Fasha pernah mengatakan pihaknya akan menata Danau Sipin menjadi destinasi wisata unggulan. Katanya pada 2018 ada anggaran Rp 30 miliar untuk melanjutkan pekerjaan Danau Sipin. Rp 20 miliar dari Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI untuk bronjong dan Rp 5 miliar dari APBD Pemkot Jambi untuk jogging track.

"Tahun ini lanjutan. Pihak BWSS VI juga melanjutkan pembangunan bronjong," kata Fasha, Wali Kota Jambi, Rabu (7/2). Disebutkan dirinya menargetkan Danau Sipin menjadi wisata unggulan Kota Jambi. "Pada 2017 Danau Sipin sudah mulai ditata," ujarnya.

Tiga tahun ke depan ditargetkan berubah total. Di tengah danau nanti akan dibuat air mancur menari, ada perahu bebek dan jet sky. Selain itu akan dibangun jembatan gantung yang melintas danau. "Jembatan gantung melintang danau dari bawah RSUD Raden Mattaher," sebutnya

Untuk keramba ikan, pemkot akan menata kembali. Tidak lagi berada di tengah danau, namun ditata ke pinggir danau. "Juni 2018 nanti akan ada kejuaraan dayung nasional. Ketuanya Menteri PUPR. Kita lagi persiapan untuk mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Satu di antara pengunjung Siti Rokayah menyampaikan kekagumannya atas eloknya penataan objek wisata Danau Sipin yang dulunya tidak terawat, hanya tumpukan eceng gondok sejauh mata memandang.

"Terus terang saya baru tahu kalau kondisinya seperti ini. Saya terkesan dan takjub bisa berubah sedemikian cepatnya. Rasa penasaran akhirnya menggelitik saya untuk berkunjung ke sini. Memang sebelumnya orang-orang banyak cerita, " kata Siti kepada Tribun, Minggu (11/2).

Untuk menikmati pemandangan di sana, tidak perlu mahal-mahal. Anda cukup membayar jasa parkir untuk menjamin kendaraan Anda tetap aman, kalau Anda membawa kendaraan.

Nah, tidak mahal, bukan? Anda bisa membawa orang-orang tedekat dan terkasih ke sana. Tampak orang-orang berjalan bersama keluarga, kekasih, atau teman. Ada jalan setapak alias jogging track di sana, yang bisa Anda jajal sambil menikmati sepoinya angin. Kursi-kursi di beberapa sudut bisa Anda singgahi sekadar melepas lelah seusai berjalan-jalan.

Jika Anda penasaran menikmati danau dari tengah, ada sampan penyeberangan yang bisa mengantar ke tengah atau ke seberang sana. Ongkosnya, sesuai dengan seberapa jauh perjalanan Anda naik sampan itu.

Tempat ini memang masih dalam masa pembangunan, tapi sudah banyak orang yang berdecak kagum dan penasaran berkunjung. Menjelang matahari terbenam, langit akan tampak kemerah-merahan dengan rona surya maha indah. Keindahan Danau Sipin saat sunset agaknya sayang dilewatkan. (mareza sutan aj)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved