Hati-hati Kirim Berita Hoax atau Ujaran Kebencian, Bisa Terpantau Aplikasi Cyber Patrol

Kapolres mengatakan jika aplikasi cyber patrol fokus pada media sosial. Untuk menangani adanya berita

Hati-hati Kirim Berita Hoax atau Ujaran Kebencian, Bisa Terpantau Aplikasi Cyber Patrol
Ilustrasi. 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Beberapa waktu lalu, Polres Sarolangun meluncurkan aplikasi cyber patrol.

Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana, menjelaskan aplikasi itu digunakan untuk memantau berita hoax dan ujaran kebencian yang kerap di share di media sosial. Terlebih, saat ini di Merangin bakal melaksanakan pemilihan bupati.

"Selain ada pilkada di kabupaten tetangga, kami juga memantau adanya penyebaran info yang sifatnya hoax, hate speech, maupun black campaign, " katanya, Kamis (8/2).

Kapolres mengatakan jika aplikasi cyber patrol fokus pada media sosial. Untuk menangani adanya berita palsu, ujaran kebencian, kampanye hitam dan lainnya, pihak Polres Sarolangun akan bekerjasama dengan Polda Jambi dan Divisi Humas Polri.

Dadan menyebutkan jika, sampai saat ini belum ditemukan adanya berita palsu atau ujaran kebencian yanh disebarkan melalui media sosial di ranah hukum Sarolangun. "Fokusnya saat ini lebih kepada yang melaksanakan Pilkada, namun kami membantu juga untuk situasinya," terang Kapolres.

Selain menjerata kampanye hitam, ciber pantrol juga mengawasi kampanye negatif yang mungkin terjadi saat pilkada. Ia menjelaskan jika kampanye negatif lebih pada mengungkit masa lalu yang buruk dari seseorang. Sementara untuk aksi porgrafi yang tersebar di media sosial, pihak Polres Sarolangun akan berkoordinasi dengan Subdit ciber Polda Jambi.

"Penanganan awal ada di kami, tapi kami akan berkoordinasi dengan subdit ciber yang ada di Polda, " katanya. Kapolres menegaskan, jika para pelaku nantinya akan dijerat dengan undang undang ITE.

BACA Bapak Tiri Rudapaksa Anaknya 13 Tahun 3 Kali, Sang Ibu Tidak Marah Karena Suami Ketiga

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved