Breaking News:

Gelontorkan Rp 150 Miliar untuk Mempermak Danau Sipin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berusaha menjadikan Danau Sipin sebagai wisata air

Penulis: Rohmayana | Editor: ridwan
IST
Masyarakat bersantai nikmati pemandangan Danau Sipin 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi berusaha menjadikan Danau Sipin sebagai wisata air yang dilengkapi air mancur di tengah danau, pengadaan jet sky dan perahu bebek. Pemkot gencar alokasikan anggaran untuk ini dibantu pemerintah pusat.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengatakan, pada 2018 ini ada anggaran Rp 30 miliar untuk melanjutkan pekerjaan Danau Sipin. Di antaranya Rp 20 miliar dari BWSS VI untuk pembangunan bronjong, dan Rp 5 miliar dari APBD Pemkot Jambi untuk jogging track. "Tahun ini pihak BWSS VI juga melanjutkan pembangunan bronjong," kata Fasha, Rabu (7/2).

Fasha menargetkan Danau Sipin menjadi wisata unggulan Kota Jambi. "2017 Danau Sipin sudah mulai ditata," ujarnya. Tiga tahun ke depan ditargetkan Danau Sipin berubah total. Di tengahnya nanti akan dibuat air mancur menari, ada perahu bebek dan jet sky. Selain itu akan dibangun jembatan gantung melintas danau sipin. "Jembatan gantung melintang danau dari bawah RSUD Raden Mataher," sebutnya

Sementara untuk keramba ikan, pemkot menata kembali. Tidak lagi berada di tengah danau, namun ditata ke pinggir danau. "Juni 2018 nanti akan ada kejuaraan dayung nasional. Ketuanya Menteri PUPR. Kita lagi persiapan mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Danau Sipin ini kata Fasha akan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Jambi. Tidak hanya dikenal di Provinsi Jambi, tapi bisa menasional. Total anggaran untuk menatanya sekitar Rp150 miliar. "DED nya sudah saya buat. Desainnya sudah ada," ujarnya.

Setelah ditata dan sarana prasana disiapkan Fasha menyebutkan, pihaknya bisa mengundang investor untuk berinvestasi di kawasan Danau Sipin Kota Jambi. "Yang penting kita siapkan dulu sarana prasarana," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan jogging track, sejauh hal tersebut benar benar bermanfaat bagi masyarakat Kota Jambi. Apalagi akan dijadikan sebagai destinasi wisata andalan di Kota Jambi.
"Kita tetap support sejauh hal tersebut benar benar memberikan manfaat bagi masyarakat Jambi," katanya.

Hanya saja menurut Junedi, Pemkot juga harus mengutamakan pembangunan infrastruktur yang lebih dibutuhkan oleh masyarakat. "Pemerintah Kota harus tetap mengutamakan kepentingan yang urgent terlebih dahulu yang paling dibutuhkan masyarakat," ucapnya. (cya)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved