Pemkot Jambi Anggarkan Rp 24 Miliar Pasang Lampu Jalan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi pada 2018 akan memasang ribuan lampu penerangan jalan

Pemkot Jambi Anggarkan Rp 24 Miliar Pasang Lampu Jalan
TRIBUNJAMBI/LEONARDUS YOGA
Pembangunan tiang untuk lampu jalan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi pada 2018 akan memasang ribuan lampu penerangan jalan umum (LPJU), di jalan utama hingga jalan lingkungan. Di antara program itu adalah memasang LPJU di kawasan Pasar Induk.

Kabid LPJU Distarum Kota Jambi, Nujjumudin mengatakan ada beberapa program penerangan lampu jalan yang akan dilakukan, termasuk jadi prioritas adalah menambah lampu jalan menuju Pasar Induk. Ini karena pasar induk sudah mulai aktif ditempati pedagang.

"Ada sekitar 100 lampu di jalan menuju Pasar Induk. Mulai dari kawasan Paal 10 seperti di Jalan Pangeran Hidayat hingga ke pasar induknya. Kalau di pasar induk sendiri sudah ada," kata Nujumudin kepada Tribun, Kamis (25/1).

Selain itu LPJU juga akan ditambah untuk pembangunan lampu di median. Beberapa kawasan yang akan dipasang adalah di Jalan Abdurrahman Saleh (di depan Xaverius), Jalan Kolonel M Mattaher, dan di depan minimarket Giant arah ke Bandara.

"Untuk kawasan median yang sudah ada lampu di bagian pinggir jalan, maka lampu yang di pinggir akan kita pindahkan ke lokasi yang belum ada lampunya," imbuhnnya.

Program lainnya adalah penambahan 1.500 lampu untuk jalan lingkungan. Ini tersebar di 11 Kecamatan di Kota Jambi. Menurut Nujumuddin, LPJU untuk jalan lingkungan jumlahnya cukup banyak. Sebab, jalan lingkungan yang ada di Kota Jambi semakin lama semakin bertambah. "Sehingga lampunya pun harus kita tambah," ujarnya.

Program lainnya adalah penyediaan lampu di sepanjang Taman Pedestrian Jomblo, Taman Remaja dan sekitar kawasan Tugu Keris Siginjai. "Ini persiapan kita untuk program Car Free Night yang akan kita mulai 3 Februari 2018," terangnya.

Sementara itu, Kepala Distarum Kota Jambi, Masrizal menambahkan untuk bagian LPJU di 2018 ini dianggarkan Rp 24 miliar. Penggunaannya untuk penambahan lampu, pembayaran listrik hingga gaji dan honor. "Total untuk LPJU tahun ini, Rp 24 miliar," ucapnya.

Untuk pembayaran listrik sendiri, dianggarkan Rp 12 miliar. Sebab, untuk satu bulan pembayaran listrik LPJU di Kota Jambi mencapai Rp 1 miliar. "Pembayaran listrik itu tergantung penggunaannya. Namun setiap bulan rata- rata Rp 1 miliar. Saat ini kita sudah banyak mengganti lampu ke lampu LED. Sehingga jauh lebih hemat," jelasnya. (cya)

Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved