Breaking News:

Harga Terendah Jadi Hak Konsumen, Ketika Harga di Rak Beda dengan di Struk

Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) David Maruhum L Tobing memberikan tanggapan terkait viralnya persoalan

brightside.me
pesan struk belanja 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) David Maruhum L Tobing memberikan tanggapan terkait viralnya persoalan perbedaan harga di ritel modern milik PT Indomarco Prismatama.

David mengatakan, kejadian perbedaan harga mungkin saja terjadi tersebut dimungkinkan terjadi pada ritel modern.

Menurut dia, kerap kali ritel modern mengadakan sebuah promosi atau potongan harga dari sebuah produk, namun, karyawan lupa dalam melakukan perubahan harga atau update harga.

Baca: Didit Sukses Berkarir di Paris, Prabowo dan Titiek Soeharto Kali Ini Kompak Mendampingi Sang Anak

"Apabila hal Ini terjadi maka pelaku usaha harus memberlakukan harga terendah sebagaimana diamanatkan Pasal 7 ayal (2) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2013 Tentang Pencantuman Harga Barang Dan Tarif Jasa Yang Diperdagangkan," ujarnya melalui keterangan resmi kepada Kompas.com, Rabu (24/1/2018).

Dalam pasal tersebut dijelaskan, jika terdapat perbedaan antara Harga Barang atau Tarif Jasa yang dicantumkan dengan Harga atau Tarif yang dikenakan pada saat pembayaran, yang berlaku adalah Harga atau Tarif yang terendah.

Baca: Cewek Caddy di Surabaya Dilaporkan WNA Selandia Baru, Perkaranya Ada yang Hilang

"KKI mengharapkan Konsumen dapat meneliti kembali jumlah pembayaran yang terdapat di struk belanja dan apabila terdapat perbedaan baik lebih murah atau lebih mahal, maka konsumen berhak mempertanyakan ke kasir," kata David.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi manajemen Indomaret yang sigap dalam menanggapi masalah Ini dan melindungi konsumen dengan melakukan perbaikan dan menerapkan harga terendah.

Baca: Mbah Mijan Ngotot Ayu Ting Ting Menikah Tahun Ini dengan Pria Berinisial O, Bukan Opie Kumis

Atas permasalahan tersebut, David mengimbau, pelaku usaha riteI untuk terus melakukan edukasi dan pengawasan kepada karyawan di toko ritel.

Sebab, karyawan-karyawan tersebut adalah baris terdepan dari pelaku usaha dalam melayani sekaligus melindungi konsumen.

Sebelumnya, telah viral video konsumen yang mengkomplain harga barang di rak toko yang berbeda dengan di struk konsumen.

Video tersebut viral di sosial media Facebook oleh akun Kejadian Hari Ini. Dalam Video tersebut terdapat seorang konsumen yang mengkomplain pegawai Indomaret karena melihat perbedaan harga barang di struk dengan di rak toko.

Editor: Suci Rahayu PK
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved