Pelabuhan Roro Setop Operasi, Diduga Ini Penyebabnya

"Untuk sementara memang setop beroperasi. Karena ada penggantian KM Muria ke KM Sembilang,"

Pelabuhan Roro Setop Operasi, Diduga Ini Penyebabnya
facebook
pelabuhan roro 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Pelabuhan Roro Kuala Tungkal berhenti beroperasi sejak beberapa waktu lalu. Saat ini, tidak ada pelayaran rutin dua kali seminggu menuju Dabo Singkep.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat, Endang Surya, Kabid Perhubungan Laut Hardi, mengatakan membenarkan penghentian itu. Penghentian operasional Pelabuhan Roro, karena terjadinya penggantian Kapal KM Muria ke KM Sembilang.

"Untuk sementara memang setop beroperasi. Karena ada penggantian KM Muria ke KM Sembilang," kata Hardi, Rabu (24/1).

Penyebab penghentian operasional pelabuhan Roro tersebut bukan karena pergantian tersebut. Tetapi karena ada penambahan trayek untuk KM Sembilang. Sebelumnya KM Muria hanya dua kali melayari Kuala Tungkal-Dabok Sikep. Dengan KM Sembilang menjadi tiga kali seminggu dan ada rute Kuala Tungkal-Dabok Singkep-Batam. Sehingga diperlukan izin baru.

"Izin pelayaran dari KM Sembilang itu yang belum keluar. Makanya tidak bisa melakukan pelayaran," ujar Hardi.

BACA SPLU Taman Jomblo Masih Sepi, Banyak Warga Belum Punya E-Money

Selain itu, pihak dinas perhubungan pun diakuinya sudah beberapa kali melakukan komunikasi dengan pihak ASDP untuk mempertanyakan izin tersebut. Namun pihak ASDP pun mengatakan tidak mengetahui kapan pihak pusat menerbitkan izin tersebut.

"Pihak pusat dan ASDP pun tidak mengetahui sampai kapan izin itu bisa diterbitkan untuk KM Sembilang," ujar Kabid Laut.

Tidak beroperasinya pelabuhan tersebut, diakuinya jelas menimbulkan kerugian. Sebab, pelabuhan tersebut baru beberapa waktu beroperasi. Namun, dikarena penggantian Kapal tersebut menyebabkannya kembali stop beroperasi.

Ketika penghentian operasin pelabuhan Roro ini, berkembang kabar tentang lelang penyediaan kapal. Terkait itu, Hardi mengaku bingung munculnya kabar tentang lelang. Dia mengatakan tidak ada prihal lelang dengan proses penghentian pelabuhan Roro tersebut.

Halaman
12
Penulis: dunan
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved