Warga Laporkan Dugaan Penyelewengan Raskin, Enam Bulan Hanya Dapat 20-25 Kg

Dugaan penyelewengan bantuan beras untuk keluarga miskin (raskin) mengemuka di Kabupaten Merangin. Itu setelah warga

Warga Laporkan Dugaan Penyelewengan Raskin, Enam Bulan Hanya Dapat 20-25 Kg
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE
Ilustrasi: Pembagian raskin di Koto Lanang, Kecamatan Air Hangat Timur diduga tidak tepat sasaran, Selasa (3/5). Warga menuding data fiktif, dan tidak tepat sasaran 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO – Dugaan penyelewengan bantuan beras untuk keluarga miskin (raskin) mengemuka di Kabupaten Merangin. Itu setelah warga Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap melaporkan dugaan penyelewengan tersebut ke Polres Merangin.

“Ya, kami telah melaporkan dugaan menyelewengan raskin yang terjadi di desa kami. Bukan persoalan raskin saja soal anggaran dana desa (ADD) juga kami laporkan,” ujar warga desa Guguk yang minta namanya tak disebutkan.

Ia mengatakan, melaporkan hal itu karena masyarakat yang menerima raskin selama ini tak utuh. Karena jatah raskin yang seyogyanya diterima sebanyak 15 kilo gram per bulan, nyatanya jumlah yang diterima jauh berkurang.

Baca: CE Instruksikan Bangun Poskesdes di Sialang Batuah, Tak Ada Bidan Hanya Dukun Beranak

“Di desa kami penyalurannya enam bulan sekali. Tapi untuk enam bulan kami menerima ada yang 20 kg ada yang 25 kg. Padahal perbulannya 15 Kg, jika enam bulan seharusnya kami terima 90 kg,” katanya.

Diungkapkannya, kurangnya jumlah raskin yang diterima oleh warga sudah terjadi sejak lama. Namun sebelumnya warga masih bisa menerima karena kekurangannya tidak begitu besar.

“Dulu memang kurang juga, tapi tidak sebanyak sekarang ini, jadi kami masih bisa memakluminya, karena dibagikan kepada warga miskin lainnya yang tidak terima,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, warga yang menerima raskin juga tidak tepat sasaran. Karena di Desa Guguk warga yang berstatus PNS juga ada yang mendapat jatah raskin.

“Malah ada PNS juga mendapat raskin, seharusnyakan untuk warga miskin saja,” sesalnya.

Halaman
123
Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved