Target PAD dari PBB Turun

Pemerintah Kota Jambi melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) menurunkan target Pendapatan Asli Daerah

Target PAD dari PBB Turun
TRIBUN JAMBI/ANDIKA ARNOLDY
Subhi Yusuf (sebelah kanan) 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) menurunkan target Pendapatan Asli Daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Pada 2017 Pemerintah Kota Jambi menargetkan PAD dari PBB sebesar Rp 34 miliar, namun realisasinya hanya sebesar Rp 22 miliar atau 60%. Pada 2018, Pemkot menurunkan target PAD menjadi Rp 28 miliar. Diharapkan, target tersebut benar-benar tercapai.

Hal ini disampaikan Kepala BPPRD Kota Jambi, Subhi bahwa 2018 Pemkot menurunkan target PAD dari PBB. Dikatakannya bahwa penurunan target tersebut merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan PAD yang lebih besar.

Baca: Ada Spesies Paling Mematikan di Pulau Ini, Daging Manusia Bisa Meleleh Karena Racunnya

"Tahun 2018 ini kita sengaja menurunkan target PBB ini merupakan salah satu strategi kita. Kita mundur dulu sembari mempersiapkan data. Namun kita yakin PBB adalah sumber pendanaan deerah yang besar," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa dari 11 jenis pajak daerah, hanya target PBB yang diturunkan. "Untuk 10 jenis pajak lainnya targetnya kita tetap naik," ujarnya.

Dirinya mencontohkan seperti target dari pajak hiburan yang pada 2017 target sebesar Rp 9 miliar pada 2018 ditargetkan mencapai Rp 11 miliar.

Untuk meningkatkan PAD dari PBB, pihaknya melakukan beberapa cara. Selain menurunkan target, juga melakukan pemutahiran data untuk mendapatkan potensial pajak daerah.

"Selain itu kita memantau PBB dengan menggunakan titik koordinat. Kita bisa mengetahui siapa yang belum bayar menggunakan titik koordinat. Jadi kita bisa mengecek langsung dari kantor," katanya.

Baca: Mantan Ketua KONI Tanjab Barat Sampaikan Pledoi di Persidangan Besok

Baca: FOTO: Meski Direnovasi, Tugu Keris Siginjai Tetap Menarik untuk Berswafoto

Tags
PAD
PBB
Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved