Polisi di Indonesia Dilarang Foto Bersama Calon Kepala Daerah

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melarang anggotanya berfoto bersama dengan calon kepala daerah yang tengah

Editor: Suci Rahayu PK
Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian (tengah) bersiap menerima penganugerahan First Class Police Force Bravery Award, dengan nama Panglima Gagah Pasukan Polis (PGPP), dari Raja Malaysia Kebawah Duli Yang Maha Mulia Seri Paduka Baginda Yang Dipertuan Agong XV Sultan Muhammad V di Istana Negara Malaysia, Kuala Lumpur, Minggu (10/12/2017). PGPP diberikan kepada Perwira Tinggi Kepolisian atas pengabdian yang luar biasa terhadap Kepolisian dan Negara. Kapolri menerima penghargaan ini atas penanggulangan kejahatan antar negara, khususnya penanggulangan terorisme. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melarang anggotanya berfoto bersama dengan calon kepala daerah yang tengah berkontestasi di pilkada 2018.

Hal itu disampaikan Kapolri dalam rapat konsultasi bersama DPR, Menteri Dalam Negeri, Kejaksaan Agung, KPK, KPU, dan Bawaslu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

"Intinya setiap anggota Polri harus netral, tidak berpihak. (Kami) Juga melarang foto-foto dengan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Ini kami keluarkan arahan seperti itu," kata Tito.

Kapolri menyatakan pihaknya juga akan mengawasi anggotanya selama pilkada serentak berlangsung melalui perangkat internal seperti Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, untuk menjaga netralitas personilnya.

Baca: Erupsi Lagi, 53.207 Jiwa Warga Sekitar Gunung Agung Masih Ngungsi

Ia pun berjanji akan langsung menginvestigasi anggotanya yang terindikasi tidak netral selama pelaksanaan pilkada.

"Jadi kalau nanti ada informasi internal anggota kami yang tidak netral, kami pasti akan melakukan investigasi secara internal, oleh jajaran Irwasum dan jajaran Propam (Mabes Polri)," lanjut mantan Kapolda Papua itu.

Penulis: Rakhmat Nur Hakim
Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Kapolri Larang Anggotanya Foto Bersama Calon Kepala Daerah

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved