Jalan Nasional di Desa SIulak Deras Mudik Terendam

Jalan desa Siulak Deras Mudik kembali terendam air, terendamnya jalan ini disebabkan meluapnya sungai di Siulak

Jalan Nasional di Desa SIulak Deras Mudik Terendam
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Jalan Desa Siulak Deras Mudik kembali terendam air, terendamnya jalan ini disebabkan meluapnya sungai di Siulak dari perbukitan. Foto pada Minggu (7/1/2018). 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Jalan Desa Siulak Deras Mudik kembali terendam air, terendamnya jalan ini disebabkan meluapnya sungai di Siulak dari perbukitan.

Kondisi jalan nasional menuju Solok Selatan, Sumbar ini diperparah dengan tidak adanya drainase untuk air mengalir.

Informasi yang diperoleh air menggenangi jalan ini terjadi pada Minggu (7/1) kemarin, hal ini mengakibatkan pengendara motor kesulitan untuk melintas, karena ketinggian airnya mencapai sekitar 20 cm.

"Ya saya melintas itu tadi terpaksa pelan-pelan, karena di dalam genangan air itu ada lubang, kalau kurang hati-hati bisa jatuh," ungkap Eka salah seorang warga Kayu Aro kemarin.

Menurutnya, sering air yang tergenang di jalan, karena air melimpah ke jalan ditambah dengan tidak adanya drainase untuk membuat air tersebut.

"ini butuh perhatian pemerintah, karena jalan itu rendah, harus ditimbun untuk ditinggikan," harapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kerinci, Darifus, saat dikonfirmasi (7/1) kemarin mengatakan, setelah mendapatkan informasi pihaknya langsung turun untuk menyedot air yang berada di jalan di Desa Siulak Deras Mudik tersebut.

"Sebenarnya itu bukan disebabkan banjir, karena jalan memang rendah, karena ada pelepasan air dari atas, sehingga naik ke jalan. Jadi tadi pagi kita telah turun kita sedot airnyo, karena tidak ada pembuangan airnyo," jelasnya.

Menurutnya rendahnya kondisi jalan juga mengakibatkan air tergenang di jalan, sehingga mengganggu pengguna jalan yang melintas karena jalannya juga ada yang rusak.

"Kemudian sering juga yang jatuh, karena tempat pembuangan tidak ada," sebutnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kerinci untuk menurunkan alat berat dan menimbun jalan yang rendah.

"Tadi kita kontak PUPR, untuk melaksanakan tanggap darurat alhamdulillah sudah selesai dengan alat berat dan menimbun jalan itu," tambahnya.

Mengenai drainase janjutnya, telah dikoordinasikan dengan camat dan kepala Desa Siulak Deras Mudik untuk dapat membangun drainase.

"Sudah kita koordinasi dengan camat dan kepala desa, untuk membangun drainase agar tidak terjadi tergenang air lagi," pungkasnya. (Hdp)

Penulis: hendri dede
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved