Kerugian Materil Akibat Kecelakaan Meningkat Lebih Rp 150 Juta

Tahun 2017 ditutup kelabu dengan peningkatan kasus lalu lintas. Satuan lalu lintas Sarolangun mencatat sepanjang tahun

Kerugian Materil Akibat Kecelakaan Meningkat Lebih Rp 150 Juta
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Tahun 2017 ditutup kelabu dengan peningkatan kasus lalu lintas. Satuan lalu lintas Sarolangun mencatat sepanjang tahun kemarin terjadi setidaknya 52 kasus kecelakaan dan mengakibatkan 40 orang kehilangan nyawa. Kecelakaan  juga menyebabkan 15 orang luka berat, dan 45 orang mengalami luka ringan. 

Kasatlantas Sarolangun AKP Ujang Supran mengatakan akibat kecelakaan tersebut, tidak hanya menyebabkan korban tewas dan luka,  tetapi juga kerugian materil. Pihak lantas mencatat kerugian meteril akibat kecelakaan yang terjadi sepanjang tahun 2017 mencapai Rp 442,5 juta. 

Angka tersebut terhitung meningkat dibanding tahun 2016. Dalam catatannya, sepanjang tahun jumlah kecelakaan ada 43 kasus. Dari kejadian tersebut sebanyak 39 orang meninggal,  12 orang mengalami luka berat, serta 36 orang luka ringan. Jumlah kerugian materil pada 2017 meningkat 50 persen lebih dibanding 2016 yang mencapai Rp 290,5 juta, atau naik Rp 152 juta. 

Baca: Pilkada Kerinci - PKB Sebut Akan Berkoalisi dengan Gerindra Usung Zainal

Menurut Kasatlantas, meningkatnya angka kecelakaan ini disebabkan banyaknya pelanggaran oleh pengendara kendaraan motor maupun mobil. "Pelanggaran itu asal mula kecelakaan. Makanya saya mengimbau agar para pengendara khususnya roda dua, wajib menggunakan helm," katanya waktu lalu. 

Di Sarolangun banyak anak-anak yang belum cukup umur sudah mengendarai motor. Karenanya minimnya pengetahuannya dalam berkendara, menyebabkan anak menjadi korban kecelakaan lalu lintas. "Kadang dia belok tidak lihat-lihat lagi,  jadi ketabrak. Banyak kejadian mobil travel," terangnya. 

Ujang mengimbau agar para orang tua tidak memberi izin pada anaknya yang belum cukup umur untuk mengendarai motor.  Ia juga berpesan agar semua pengendara agar mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan berkendara. 

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved