Tiga ABK Diamankan Anggota Polres Tanjab Timur. Wow, Ternyata Mereka Bawa Barang Ini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Polres Tanjab Timur mengamankan sejumlah barang elektronik yang disimpan dalam

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI-Polres Tanjab Timur mengamankan sejumlah barang elektronik yang disimpan dalam kardus. Barang-barang ilegal ini dibawa melalui anak buah kapal (ABK).

Kapolres Tanjab Timur, AKBP Marinus Sitepu menyebutkan pihaknya mengamankan tiga orang ABK. Barang-barang tersebut diselundupakan dalam Kapal KM Sumber Rizeki dari perairan Kuala Lambur, Kecamatan Sabak Timur.

"Setelah diperiksa, kardus-kardus tersebut berisi barang elektronik berbagai jenis. Di antaranya berupa kamera DSLR. Barang-barang elektronik berbagai jenis ini dari kawasan perdagangan bebas Batam," katanya dikonfirmasi kemarin.

Ia menceritakan, penangkapan yang dilakukan oleh Satpolair Polres Tanjab Timur tersebut terjadi sekira pukul 19.30, Jumat pekan lalu.

Saat itu didapati 92 kardus besar berisi barang-barang elektronik berbagai jenis. Tak hanya itu, saat diperiksa, di dalam kapal tersebut juga didapati suku cadang kendaraan, keramik, obat kecantikan dan pakaian tanpa dilengkapi dokumen yang sah alias bodong.

AKBP Marinus menjelaskan, penangkapan berawal saat personel Sat Polair Polres Tanjab Timur berpatroli di kawasan perairan Kabupaten Tanjab Timur menggunakan KM XXVI - 1006 yang dipimpin oleh Ipda Adi Mansyah bersama tiga orang anggotanya.

Ketika itu, kata dia, petugas mencurigai sebuah kapal sedang sandar di sebuah dermaga di Desa Lambur Luar. Petugas pun merapat ke kapal tersebut dan melakukan pemeriksaan di dalam kapal yang diisi oleh seorang nahkoda dan tiga orang ABK. "Saat diperiksa ternyata barang-barang ini tak bersurat-surat," ucap Kapolres kepada Tribun, kemarin.

Dalam pemeriksaan petugas, seorang nahkoda berinisial AC kabur saat diperiksa setelah petugas tahu bahwa barang tersebut tak berdokumen.

"Petugas melakukan pengejaran, namun dia berhasil lolos. Untuk tiga ABK-nya yaitu DS, ZA dan HM masih diperiksa sebagai saksi di Mapolres Tanjab Timur," jelasnya. Saat ini ketiga terduga pelaku dan barang bukti masih diamankan di Satpolair Polres Tanjab Timur untuk pengembangan lebih lanjut.

"Mereka terancam pasal 323 ayat 1 jo pasal 285 UU No 17/2008 tentang Pelayaran jo 102 subs 104 UU No 17/2006 tentang perubahan UU No 10/1995 tentang Kepabeanan jo pasal 55,56 KUHP," terangnya. (cfa/adi)

Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved