Trump Ancam Negara yang Menentang soal Yerusalem, 128 Negara Tetap Tolak Hal Ini di PBB

Pemungutan suara (voting) di sidang darurat Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017), mendapati 128 negara menentang langkah Amerika Serikat

Trump Ancam Negara yang Menentang soal Yerusalem, 128 Negara Tetap Tolak Hal Ini di PBB
Cnn.com

TRIBUNJAMBI.COM - Pemungutan suara (voting) di sidang darurat Majelis Umum PBB, Kamis (21/12/2017), mendapati 128 negara menentang langkah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sementara itu, 9 negara mendukung keputusan Amerika, dan 35 negara lainnya memilih abstain.

Dilansir dari AFP, negara yang mendukung Amerika adalah Guatemala, Honduras, Togo, Mikronesia, Nauru, Palau, dan Kepulauan Marshall.

Baca: Ingin Jenguk Ayah yang Sakit di Myanmar, WNA Ini Malah Dititipkan di Lapas Jambi

Sedangkan negara-negara yang menyatakan abstain diantaranya adalah Filipina, Rumania, Rwanda, Australia, Kanada, Republik Ceko, Kroasia, dan Meksiko.

Ukraina yang sebelumnya di Dewan Keamanan PBB mendukung rancangan resolusi yang menolak langkah Amerika soal Yerusalem pada voting Kamis justru masuk dalam deretan negara yang abstain.

Jumlah negara yang menolak keputusan Trump itu menunjukkan mayoritas negara anggota PBB menuntut semua negara mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai status Yerusalem.

Resolusi ini menegaskan kembali bahwa status final Yerusalem hanya bisa diselesaikan melalui pembicaraan langsung antara Israel dan Palestina sebagaimana disepakati dalam sejumlah resolusi PBB sebelumnya.

Pemungutan suara di Majelis Umum PBB kali ini digelar setelah Amerika Serikat pada Senin (18/12/2017) menggunakan hak veto untuk menolak rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang meminta negara itu membatalkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Baca: Temuan Mayat di Jam Gento - Dua Orang Sudah Dicurigai

Halaman
123
Penulis: Rika Apriyanti
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved