Breaking News:

Wah, Ternyata Orang dengan Sifat Ini Justru Bisa Panjang Umur! Simak Penjelasannya

TRIBUNJAMBI.COM- Fakta yang mengejutkan, ternyata hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa sikap positif,

Editor: ridwan

TRIBUNJAMBI.COM- Fakta yang mengejutkan, ternyata hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa sikap positif, keras kepala, dan kebiasaan teliti dalam bekerja bisa menjadi alasan seseorang memiliki usia yang panjang.

Periset melakukan penelitian kesehatan mental dan fisik sekelompok orang Italia berusia antara 90 dan 101 dan menemukan bahwa ada banyak ciri psikologis yang mirip di antara mereka.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal International Psychogeriatrics menyimpulkan bahwa orang lanjut usia memiliki kesejahteraan mental lebih baik daripada anggota keluarga mereka yang lebih muda.

Para peneliti menghubungkan hal ini dengan umur panjang yang dimiliki mereka. Penelitian dilakukan pada 29 peserta yang tinggal di desa-desa terpencil di Italia selatan. Mereka menilai kesehatan mental dan fisik responden lansia itu melalui serangkaian tes dan wawancara.

Sebagai perbandingan, mereka juga melakukan tindakan yang sama terhadap kerabat para responden yang usianya lebih muda untuk menggambarkan kepribadian dan gaya hidup para responden.

Selain memiliki pandangan hidup yang cerah, para periset menemukan bahwa banyak peserta usia lanjut memiliki ciri kepribadian yang keras kepala.

Inilah yang mereka klaim dapat bermanfaat secara psikologis karena orang-orang ini cenderung tidak peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain tentangnya.

Faktor lain yang membuat para lansia ini berumur panjang adalah keinginan mereka untuk hidup di desa atau pinggir kota.

"Ada sejumlah penelitian pada orang dewasa yang sangat tua, namun sebagian besar berfokus pada genetika dan bukan kesehatan mental atau kepribadian mereka," kata Dilip V. Jeste, peneliti utama sekaligus profesor psikiatri dan neurosains di UC San Diego .

"Tema utama yang muncul dari penelitian kami, dan tampaknya merupakan fitur unik yang terkait dengan kesehatan mental masyarakat pedesaan ini, adalah sikap positif, etos kerja, keras kepala dan ikatan yang kuat dengan keluarga, agama dan tanah," tambahnya.

(Baca juga: Wah, Diet Ketogenik Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan! Simak Penjelasannya Berikut)

Bagi yang ingin berumur panjang, kita juga bisa mencoba berusaha untuk menanamkan sifat tersebut dalam diri kita mulai dari sekarang. (*)

(Ariska Puspita Anggraini/Kompas.com)

Reporter : Dionysia Mayang

Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved