Wabah Difteri

Difteri Mewabah, Dinkes Sarolangun Imbau Ibu Waspada. Ini Gejalanya

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Sarolangun, Bambang Hermanto mengatakan wabah difteri sangat berbahaya

Difteri Mewabah, Dinkes Sarolangun Imbau Ibu Waspada.  Ini Gejalanya
Virus Difteri 

Laporan wartawan Tribun Jambi Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Sarolangun, Bambang Hermanto mengatakan wabah difteri sangat berbahaya dan menular. Ia mengimbau agar para ibu waspada.

"Kita sudah dapat informasinya (wabah deftri), jadi ini perlu diwaspadai.  Sebab penyakit ini menyerang anak balita, yang di serangnya tenggorokan, selaput lendir pada hidung dan bisa juga merambah ke kulit dan bisa menyebabkan kematian, " katanya, Selasa (12/12 ).

Dia menjelaskan bahwa penyakit difteri timbul akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, pola makan dan asupan gizi anak, serta kesehatan lingkungan yang kurang terjaga.

Baca: Berdua dalam Lift, Cewek Ini Cepat-cepat Turunkan Celana. Kejadian Selanjutnya Bikin Melongo

"Untuk mengantisipasi itu, balita harus rutin diimunisasi , kemudian pola makan dan asupan gizi terhadap anak juga harus di jaga termasuk juga kebersihan lingkungan, sebab Defteri ini muncul dari bakteri dan bisa menular," terang Bambang.

Dirinya meminta agar para ibu mengenali gejala atau tanda serangan Difteri, yakni demam yang tidak begitu tinggi berkisar 38ºC, munculnya pseudomembran atau selaput di tenggorokan yang berwarna putih keabu-abuan yang mudah berdarah jika dilepaskan, sakit waktu menelan, kadang-kadang disertai pembesaran kelenjar getah bening leher dan pembengakan jaringan lunak leher yang disebut bullneck.

Namun ia mengaku belum menerima laporan dari masyarakat terkait wabah difteri tersebut di Sarolangun.

"Saat ini belum ada laporan dari masyarakat dan harapan kita semoga saja tidak terjadi di tempat kita, namun yang jelas kita tetap waspada," katanya.

Baca: Ustaz Abdul Somad Sebut yang Pucat Debat Lawan Felix Siauw sebagai Ustaz Palsu. Abu Janda Menjawab

Baca: HARGA MULAI Rp 5.000 - Catat! Kejari Sarolangun Bakal Lelang Barang Sitaan untuk Umum

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved