Parenting

Menginjak Usia Dua Tahun si Kecil Mulai Susah Diatur, Ini Penyebabnya

Duh menginjak usia dua tahun si kecil kok makin susah diatur? Ternyata, ada beberapa hal yang perlu Ibu ketahui yang jadi penyebab anak usia

Menginjak Usia Dua Tahun si Kecil Mulai Susah Diatur, Ini Penyebabnya
Youtube
Ilustrasi Balita 

TRIBUNJAMBI.COM - Duh menginjak usia dua tahun si kecil kok makin susah diatur?

Ternyata, ada beberapa hal yang perlu Ibu ketahui yang jadi penyebab anak usia dua tahun susah diatur.

Vanessa LoBue, Ph.D, asisten profesor psikologi di Rutgers University, New Jersey mengungkapkan Ibu perlu memahami perubahan apa saja yang dialami anak usia dua tahun.

Menurut Vanessa, anak usia dua tahun ternyata sudah mampu merasakan berbagai emosi seperti bahagia, marah, sedih dan takut.

Anak juga sudah memiliki tujuan dan keinginannya sendiri. Jika kedua hal ini terjadi bersamaan, maka anak akan susah diatur.

“Secara bersamaan anak tidak mampu mengendalikan perasaan mereka dan di sisi lain mereka juga belum mampu mengomunikasikan dengan baik mengenai apa yang mereka inginkan,” ujarnya.

Kontrol diri dan emosi merupakan kemampuan yang belum dimiliki oleh si kecil.

Ini artinya ia belum  mampu mengendalikan pikiran dan perasaannya. Hal ini juga dipicu jika di saat bayi, ia tidak terbiasa mengatasi kondisinya sendiri.

Sebagian besar  bayi yang menangis di tengah malam misalnya tentu akan langsung ditenangkan oleh  Ibu atau Ayah dengan cara diusap-usap, digendong, atau diberi empeng agar tertidur kembali.

Selain jadi tidak terlatih mengontrol emosi, si kecil juga terbiasa mengandalkan ibu dan ayahnya untuk mengatasi apa yang mereka rasakan.

Halaman
12
Tags
usia
Editor: fifi
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved