Breaking News:

Museum Belgia Pinjam Arca Emas Museum Siginjai Jambi

Koleksi yang dipinjam adalah koleksi-koleksi terpilih sesuai dengan tema pameran yang diadakan di Belgia tersebut

Penulis: Leonardus Yoga Wijanarko | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/LEONARDUS YOGA WIJANARKO
Suasana saat proses pengemasan barang-barang cagar budaya yang akan dibawa ke Belgia 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Leonardus Yoga Wijanarko

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Provinsi Jambi membawa Arca Avalokitesvara ke Belgia untuk dipamerkan di acara Internasional.

Saat ini Arca tersebut sudah diterbangkan ke Belgia.

Provinsi Jambi membawa Arca Avalokitesvara ke Belgia untuk dipamerkan di acara Internasional.
Provinsi Jambi membawa Arca Avalokitesvara ke Belgia untuk dipamerkan di acara Internasional. (TRIBUNJAMBI/LEONARDUS YOGA WIJANARKO)

Acara ini merupakan acara yang diadakan Direktorat jenderal kebudayaan, kementerian pendidikan dan kebudayaan yaitu Festival Seni dan Budaya Europalia 2017 di Bozar, center Brussels Belgia pada tanggal 10 oktober hingga 21 januari 2018 mendatang.

Menurut Kepala Museum Siginjei, Dendy Denmar, pada kegiatan festival tersebut akan diisi beberapa aktivitas antara lain pameran dan pertunjukan seni budaya.

Suasana saat proses pengemasan barang-barang cagar budaya yang akan dibawa ke Belgia
Suasana saat proses pengemasan barang-barang cagar budaya yang akan dibawa ke Belgia (TRIBUNJAMBI/LEONARDUS YOGA WIJANARKO)

Satu di antaranya tema pameran yang diangkat adalah ANCESTOR. "Provinsi jambi berpartisipasi dengan meminjamkan koleksi terkait tema tersebut yaitu AVALOKITESVARA berbahan Gilded Gold," katanya kepada Tribun, Senin (27/11).

Bersama ini pula Direktorat jenderal kebudayaan Kemendikbud RI melalui kegiatan Pameran Ancestor dan Maritim di Brussels (Bozart-Ancestor) dan Liege (La Boviere-Maritim) gelar Festival Seni dan Budaya Europalia Indonesia 2017-2018.

Kegiatan peminjaman koleksi ini dikoordinir oleh Museum Nasional Indonesia sebagai pihak yang bertanggung jawab atas koleksi yang dipamerkan, termasuk perihal koordinasi dengan pihak Museum Siginjei Provinsi Jambi dan Disbudpar Prov Jambi serta Pemprov Jambi guna administrasi keluar-masuk Benda Cagar Budaya yang akan dipinjam.

"Koleksi yang dipinjam adalah koleksi-koleksi terpilih sesuai dengan tema pameran yang diadakan di Belgia tersebut," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved