Dalam 10 Tahun Bisa Kehilangan Warisan Dunia

Sebagian lagi optimistis, bahwa candi yang pertama kali diketahui dari laporan SC. Crooke, perwira angkatan laut Kerajaaan Inggris pada 1820 itu

Dalam 10 Tahun Bisa Kehilangan Warisan Dunia
Tribun Jambi
Candi Muaro Jambi

Jalan Panjang Candi Muarojambi Jadi Warisan Dunia

Apabila ternyata dalam jangka 10 tahun usai didaftarkan tidak ada kemajuan, maka status Candi Muarojambi yang berpotensi menjadi warisan dunia bisa ditinjau ulang. Itu merupakan satu di antara persyaratan yang tercantum di UNESCO.

PERNYATAAN perwakilan UNESCO saat seminar di Jambi, sekira tujuh tahun lalu, langsung mendapat respon pemerintah. Situs yang diperkirakan berdiri sekira abad XI itu akhirnya didaftarkan di UNESCO.

Namun, sejak pendaftaran hingga kini, seakan belum terlihat upaya mendorong kompleks candi berbahan batu bata itu menjadi warisan dunia. Imbasnya, sebagian masyarakat pesimistis dengan keseriusan pemerintah.

Sebagian lagi optimistis, bahwa candi yang pertama kali diketahui dari laporan SC. Crooke, perwira angkatan laut Kerajaaan Inggris pada 1820 itu, lolos penilaian.

Pemerhati budaya, Jafar Rassuh, mengatakan ada persyaratan yang ditetapkan UNESCO atas suatu situs untuk menjadi warisan dunia. Termasuk Candi Muarojambi yang masuk dalam kewenangan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Namun di sisi lain, itu terkait pemda dan undang-undang otonomi daerah.

"Tapi sejak keluar Undang-undang Nomor 11/2010 tentang Cagar Budaya, dan seiring dengan adanya otonomi daerah, kewenangan cagar budaya menjadi kewenangan kabupaten kota atau provinsi," sebut Jafar Rassuh.

Menurut mantan Kepala Taman Budaya Jambi ini, Candi Muaro Jambi sudah menjadi warisan nasional. Oleh karena itu, peran pemerintah pusat juga harus ada untuk menindaklanjuti upaya menjadikan warisan dunia.

"Salah satu syarat untuk menjadi warisan dunia, harus ada tim ahli cagar budaya. Untuk Muarojambi, saya yakin sudah ada timnya. Tapi, kalau kabupaten kota atau provinsi, saya yakin belum ada tim ahli cagar budayanya.

Sejak Undang-undang Nomor 11 itu ada, terbukti tim cagar budaya belum ada terbentuk. Bayangkan, sudah berapa tahun. Di sini bisa dilihat keseriusan pemerintah seperti apa," papar Jafar.

Halaman
123
Penulis: budi
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved