Breaking News:

Gugatan Pilkades Bukit Batu Ditolak, Penggugat Tak Puas

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin mengelar sidang gugatan hasil pilkades serentak 7 Oktober lalu.

Penulis: Herupitra | Editor: Fifi Suryani
TRIBUNJAMBI/HERUPITRA
Gugatan hasil Pilkades di Kabupaten Merangin memasuki sidang putusan, digelar di ruang pola II Setda Merangin, Rabu (25/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin mengelar sidang gugatan hasil pilkades serentak 7 Oktober lalu. Sidang digelar di ruang Pola II Kantor Bupati Merangin, Rabu (25/10).

Ada dua desa yang hasil pilkades digugat dan disidangkan. Yakni desa Bukit Batu, Kecamatan Sungai Manau dan Desa Seling Kecamatan Tabir.

Pantauan Tribun, sidang mulai digelar pukul 11.00, Wib dilakukan oleh tim yang terdiri dari Asisten I Setda Merangin, Syafri, Kapolres Merangin, AKBP Aman Guntoro dan Kajari, Haryono. Sidang pertama dilakukan untuk gugatan hasil pilkades Desa Bukit Batu.

Dalam sidang tersebut penggugat yakni, M Sanin calon nomor urut dua mempersoal panitia pelaksana pilkades di desa tersebut. Dia menyebutkan bahwa panitia yang dibentuk tidak memenuhi syarat, karena dibentuk oleh Ketua BPD sendiri. Selain ada beberapa persoalan lain yang dianggap menyalahi dan mempengaruhi hasil pilkades.

Dalam sidang tersebut antara pengugat dan tergugat hadir mengikuti sidang. Sidang yang berlangsung cukup alot tersebut akhirnya duputuskan ditolak.

“Dengan hasil pertimbangan tim setelah disidang, maka gugatan yang dilayangkan pasangan nomor dua M Sanin ditolak,” kata Asisten II Syafri usai sidang.

Dia mengatakan, terkait putusan sidang yang telah dilakukan. Pengugat masih punya upaya hukum lainnya. Yakni dengan melayangkan gugatan ke PTUN.

“Jika mereka tidak puas dari hasil ini. Mereka masih bisa ke PTUN,” sebutnya.

Terpisah pengugat M Sanin dihubungi mengaku, tak puas dengan hasil sidang yang telah dilakukan itu. Terkait putusan tersebut, dia mengaku akan melakukan upaya hukum lainnya.

“Terkait putusan ini kita akan PTUN kan. Karena kita melihat ada ketidak adilan yang kita dapatkan,” sesalnya.

Sementara itu panitia pilkades Desa Bukit Batu yang digugat mengaku puas dengan hasil sidang. Mereka mengaku, jika nanti pengugat akan melakukan PTUN maka mereka siap untuk menghadapinya.

“Silakan saja kalau mau ke PTUN. Kita siap untuk menghadapinya,” pungkasnya.

Disisi lain terkait dengan hasil sidang gugatan Pilkades Desa Seling belum didapatkan hasilnya. Pasalnya hingga pukul 17.30 Wib sidang masih berlangsung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved