Breaking News:

Masjid Ini Berdiri Kokoh Walau Rumah di Sekelilingnya Rata Dengan Tanah Untuk Proyek Tol

Sebuah masjid masih berdiri di lokasi proyek jalan tol Semarang-Solo, ruas Salatiga-Boyolali, tepatnya di Dusun Geneng, Desa Timpik

kompas.com/ syahrul munir

TRIBUNJAMBI.COM - Sebuah masjid masih berdiri di lokasi proyek jalan tol Semarang-Solo, ruas Salatiga-Boyolali, tepatnya di Dusun Geneng, Desa Timpik, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Warga masih mempertahankan masjid ini lantaran belum adanya kesepakatan nilai ganti rugi bangunan dengan pihak operator jalan tol.

"Sebetulnya tidak ada masalah dan warga sudah setuju semua. Hanya saja, hingga saat ini belum ada (bangunan) penggantinya. Tapi kalau tanah pengganti sudah disetujui dan direalisasi," kata Kepala Desa Timpik, Suhada, Kamis (19/10/2017) siang.

Suhada mengatakan, saat ini warga masih menunggu keputusan dari pihak pengelola jalan tol untuk menentukan nasib tempat ibadah yang masih digunakan 250 jemaah warga dusun tersebut.

Warga tidak akan membiarkan masjid dibongkar begitu saja oleh para pekerja selama belum ada kesepakatan mengenai nilai ganti rugi bangunan masjid.

"Maunya warga kami itu duduk bersama gimana untuk solusinya dan segera direalisasi dibikinkan masjid," imbuhnya.

Pantauan Kompas.com, permukiman di sekeliling masjid sudah rata dengan tanah. Masjid tersebut saat ini terlihat seperti di atas tebing lantaran tanah di sampingnya sudah dikeruk hingga kedalaman sekitar 10 sampai 15 meter.

Di sekelilingnya terlihat sejumlah alat berat yang sedang dioperasikan oleh pekerja jalan tol.

Takmir Masjid Baiturrokhim, Warsono, mengatakan masjid yang difungsikan sejak tahun 1979 ini memang belum dibongkar.

Warga masih menunggu realisasi masjid pengganti dari pihak pelaksanaan proyek jalan tol untuk merelokasi satu-satunya masjid yang ada di Dusun Geneng sehingga ketika belum ada masjid pengganti, warga masih mempertahankan masjid ini untuk beribadah.

Halaman
12
Editor: rahimin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved