Parenting

Waspada! 5 Tempat Ini Sarang Kuman yang Disukai Anak-anak, dan 5 Cara Melindunginya

Begitu bayi belajar merangkak dan balita mulai berjalan, mereka menjelajahi dunia di sekitar mereka, meletakkan tangan mereka

Waspada! 5 Tempat Ini Sarang Kuman yang Disukai Anak-anak, dan 5 Cara Melindunginya
shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Begitu bayi belajar merangkak dan balita mulai berjalan, mereka menjelajahi dunia di sekitar mereka, meletakkan tangan mereka ke mana-mana, menyentuh segalanya, dan jari-jari mungil itu pasti akan masuk ke mulut mereka.

Kita sudah tahu ada kuman di mana-mana dan dalam segala hal. Setiap sentuhan yang kita buat, kuman ditransfer dari permukaan lain ke tubuh kita.

Pemahaman umum tentang kuman adalah bahwa itu adalah mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Kuman termasuk bakteri mikroskopis (mikroorganisme dengan hanya satu sel), virus (agen infektif yang lebih kecil dari mikroorganisme), jamur (organisme penghasil spora yang memakan bahan organik) dan protozoa (organisme bersel tunggal).

Benar, tidak semua bakteri itu jahat. Tapi ada beberapa yang bisa menyebabkan kita mengalami banyak masalah seperti penyakit kaki-dan-mulut (HFMD), Escherichia coli (E. coli) dan influenza. Ada yang bilang virus flu bahkan bisa bertahan di permukaan dalam ruangan selama seminggu!

Anak-anak di bawah usia lima tahun sangat rentan terhadap bahaya kesehatan ini karena sistem kekebalan tubuh mereka masih terus berkembang. Tapi kami dapat membantu memastikan bahwa setiap permukaan di rumah Anda bersih untuk meminimalkan risiko kuman dan bakteri berbahaya menyerang anak-anak kita.

Tidak masalah jika Anda mempunyai petugas kebersihan atau jika Anda yakin memberantas semua kuman jahat, kita semua bisa sepakat bahwa lingkungan rumah yang bersih adalah hal yang baik. Jadi, berikut ini adalah lima permukaan kuman di rumah mana pun yang bisa ditemukan anak-anak yang tak tertahankan:

1. Wastafel Dapur
Anak-anak suka menonton ayah atau mumi membuat mereka makan. Tapi semua deterjen mencuci piring dan sabun mandi atau air mendidih itu tidak akan membuat wastafel Anda bebas dari kuman. Bahkan jika Anda tidak menumpuk piring kotor Anda, mungkin ada 500.000 bakteri yang tumbuh subur di bak cuci itu. Mungkin bahkan lebih dari toilet Anda!

2. Bak mandi
Waktu mandi untuk anak-anak juga waktu bermain dengan air! Tapi seperti wastafel dapur, semua produk mandi beraroma harum itu mungkin tidak menyingkirkan bakteri fekal, jamur dan bakteri staph yang tersimpan di kamar mandi.

remot

3. Remote Controls
Kontrol jarak jauh atau pengendali TV adalah mainan yang menggiurkan untuk anak-anak. Tapi kita tahu betul peralatan itu dijatuhkan di lantai, dijejali di bawah sofa, mungkin membuat anak terbatuk dan bahkan bersin, yang berarti bisa memasukkan kuman.

4. Mainan
Mainan anak-anak Anda pasti akan melalui pendering termasuk diseret melalui rumah, meninggalkan di luar di kebun, jatuh ke dalam saluran pembuangan dan dikunyah oleh hewan peliharaan. Jadi, mereka mungkin menjadi tuan rumah beberapa bakteri yang sangat jahat termasuk E. coli dan staph.

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved