Partai Diminta Isi Sistem Aplikasi

Di era digital pengurus partai diharapkan dapat mengetahui tatacara dalam proses penetapan peserta pemilu 2019. Salah satunya, partai politik

Partai Diminta Isi Sistem Aplikasi
TRIBUN JAMBI/HERI PRIHARTONO

Laporan Wartawan Tribun Jambi Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di era digital  pengurus partai diharapkan dapat mengetahui tatacara dalam proses penetapan peserta pemilu 2019. Salah satunya, partai politik wajib mengisi aplikasi Sistem Aplikasi Partai Politik (Sipol) yang dimiliki KPU.

Realisasinya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bungo, menggelar Bimbingan Teknis Pendaftaran Verifikasi dan Aplikasi Sistem Informasi Pemilu ke partai politik, Minggu (01/10) di Hotel Amaris Muara Bungo.

Ketua KPU Bungo Dailami mengatakan jika ada upaya memberikan memberikan pemahaman kepada pengurus partai tentang tatacara dalam pendaftaran peserta pemilu. 

Dia menjelaskan, dalam sosialisasi selain membahas tentang tata cara pendaftaran dan verifikasi, pengurus partai juga diperkenalkan dengan aplikasi Sipol dalam pemilu.

Menurutnya selama pendaftaran, partai politik wajib mengisi aplikasi tersebut, mulai dari struktur kepengurusan hingga informasi penting lainnya.

“Keberadaan aplikasi ini sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kepesertaan dalam pemilu,” ujarnya.

KPU meminta dua pengurus dari masing-masing partai menjadi penghubung. 

Tujuannya agar setiap permasalahan dalam pengisian Sistem Informasi Pemilu dapat dikomunikasikan dengan pewakilan untuk kemudian disampaikan ke partai.

"Untuk itu, kami juga meminta kontak perwakilan dan harapannya pengurus yang telah terpilih juga tidak diganti," ujarnya.

Selain masalah Sistem Informasi Pemilu, Dailami juga mengingatkan kepada partai lama  terkait upaya uji materi terhadap pasal 173 ayat 3 Undang-Undang no.7/2017 tentang Pemilu. 
Jika mengacu pada pasal ini, maka partai politik lama tidak akan diverifikasi dan langsung menjadi peserta pemilu.

"Jadi untuk mengantisipasi gugatan dikabulkan, kami harap partai lama tetap melakukan persiapan, salah satunya menyiapkan keanggotaan partai untuk diserahkan ke KPU sebagai bahan verifikasi faktual,"  pungkasnya.

Penulis: heri prihartono
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved