Amerika Serikat Janji Kerahkan Aset Militer Strategis ke Semenanjung Korea

Amerika Serikat (AS) berjanji akan mengerahkan aset-aset militer “strategis”-nya ke dekat SemenanjungKorea.

Amerika Serikat Janji Kerahkan Aset Militer Strategis ke Semenanjung Korea
AFP/GETTY IMAGES Kim Jong-un (kiri) dan Donald Trump (kanan) mengeluarkan retorika yang memanaskan situasi di Korea. 

TRIBUNJAMBI.COM, SEOUL -  Amerika Serikat (AS) berjanji akan mengerahkan aset-aset militer “strategis”-nya ke dekat SemenanjungKorea.

Chung Eui-yong, penasihat senior keamanan Korea Selatan (Korsel), mengatakan, pengerahkan perangkat keras itu dapat dimulai tahun ini.

Pengerahan atau penyebaran itu dilakukan karena ketegangan meningkat antara Presiden AS Donald Trump dan Korea Utara (Korut), seperti dilaporkan The Guardian, Kamis (28/9/2017).

Kepala Kantor Keamanan Nasiona Korsel di Seoul itu mengatakan, "AS telah berjanji untuk memperluas penyebaran berotasi aset-aset strategisnya di dekat Semenanjung Korea," kata Chung kepada para pemimpin partai di Korsel, seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

Dia menyampaikan klaim tersebut setelah didesak apakah ada keretakan dalam aliansi dengan AS.

"[Penyebaran] akan dimulai sejak akhir tahun ini, dan ini akan membantu kita dalam memperluas kemampuan pertahanan kita," lanjut Chung.

Chung tidak secara spesifik berbicara tentang jenis perangkat keras militer diperkirakan bakal dikerahkan AS itu.

Dalam debat pertahanan Korsel terungkap, "aset strategis" AS itu dapat merujuk pada kapal induk, kapal selam bertenaga nuklir, bom berat, dan bahkan jet siluman dan sistem pertahanan rudal.

Ketika dihubungi pada Rabu (27/9/2017 malam waktu AS, Pentagon tidak bersedia memberikan klarifikasi atas pernyataan Chung itu.

Pembicaraan mengenai rencana penumpukan militer AS di sekitar Semenanjung Korea terjadi setelah eskalasi ketegangan meningkat antara Donald Trump dan Kim Jong Un pekan lalu.

Halaman
12
Editor: fifi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved