Pola Makan Buruk, Kenali 7 Gejalanya pada Badan Kita

Ada banyak kebiasaan kita yang berdampak buruk bagi tubuh, misalnya mengasup makanan tinggi lemak dan kalori, makanan cepat saji, merokok, atau minum

Pola Makan Buruk, Kenali 7 Gejalanya pada Badan Kita
TRIBUN JAMBI/ALDINO
Ilustrasi makan 

TRIBUNJAMBI.COM - Ada banyak kebiasaan kita yang berdampak buruk bagi tubuh, misalnya mengasup makanan tinggi lemak dan kalori, makanan cepat saji, merokok, atau minum alkohol berlebihan.

Sebenarnya tubuh kita punya cara untuk memberitahu jika pola makan kita tidak sehat dan ada bahaya yang menanti. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, mungkin sudah saatnya untuk mengubah pola makan, berkonsultasi dengan dokter, atau keduanya.

1. Rambut rusak

Sebagian orang dikaruniai rambut yang tebal dan sehat, sebagian lagi tak seberuntung itu. Tetapi, punya rambut indah bukan hanya karena faktor gen tapi juga banyak hal lain di dalam tubuh.

Faktanya, folikel rambut adalah bagian tubuh pertama yang akan menderita akibat pola makan tidak sehat. Diet terlalu ketat sampai kelaparan akan menyebabkan kekurangan protein sehingga rambut akan kaku atau rontok. Kondisi itu juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asam lemak, vitamin C, zinc, dan zat besi.

2. Kerutan

Kita semua pada akhirnya akan berkeriput. Namun, kita bisa mengendalikan seberapa cepat tanda-tanda penuaan akan muncul dengan cara menghindari kebiasana tidak sehat, seperti merokok.

Menurut studi tim dari Universitas State Oregon, cara terbaik menjaga kulit sehat adalah mengasup makanan tinggi vitamin A, C, dan D, serta antioksidan. Disarankan juga untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari.

3. Penyakit gusi dan gigi

Jika Anda sering mengalami gusi berdarah atau nyeri di gigi, kemungkinan karena ada gangguan kesehatan tersembunyi. Merokok dan konsumsi alkohol memang berdampak langsung pada kesehatan mulut.

Halaman
12
Editor: suci
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved