500 Ha Lahan Disiapkan untuk Pertanian Jagung di Sarolangun

Niat untuk mengembangkan pertanian jagung di Sarolangun agaknya bukan main-main. Saat ini Pemkab Sarolangun telah menyiapkan lahan seluas 500 hektar,

500 Ha Lahan Disiapkan untuk Pertanian Jagung di Sarolangun
Net
Jagung 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Niat untuk mengembangkan pertanian jagung di Sarolangun agaknya bukan main-main. Saat ini Pemkab Sarolangun telah menyiapkan lahan seluas  500 hektar, bekas kasawan HTI.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan pengelolaan lahan jagung ini nantinya akan diserahkan pada kelompok tani.
"Kita sudah siapkan demplot lahan 500 hektar di lahan bekas HTI, nanti kita akan bagi perkelompok tani satu hetar atau lebih, sistemnya dengan pola pinjam pakai," kata Cek Endra, Rabu (20/9).

Sementara untuk permodalan awal pihak Pemkab berencana menggandeng perbankan di Sarolangun, agar para petani bisa mendapat bantuan modal lewat kredit usaha rakyat (KUR).
"Untuk modal nanti kita akan gandeng pihak bank dan ini sudah kita bincarakan melalui dana Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) melalui koperasi kelompok tani," jelasnya.

Cek Endra mengaku optimis pertanian jagung di Sarolangun akan berkembang baik, mengingat banyaknya permintaan pasar untuk komoditi ini.

Rencana program pertanian ini, menurut Cek Endra akan  disingkronkan dengan usaha ternak sapi. Menurutnya limbah jagung seperti daun, batang dan tampang jagung bisa digunakan sebagai pakan sapi.

Untuk permodalan sapi sendiri, katanya dapat diambil dari dana P2DK. "Kemudian sapinya di bantu dari dana P2DK kita dan jagungnya melalui dana KUR, kemudian kita juga akan menjamin soal pemasaran sebab kebutuhan jagung saat ini sangat banyak, jadi analisanya tepat," pungkasnya.(

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved