Belajar dari Asri Welas, Kenali Gejala Katarak pada Anak. Ini Penjelasan Dokter

Tidak ada satupun orang tua yang menginginkan derita untuk anaknya. Berkaca dari yang dialami artis Asri Welas, sebagai orangtua kita pun harus jeli m

Belajar dari Asri Welas, Kenali Gejala Katarak pada Anak. Ini Penjelasan Dokter
TRIBUNNEWS
13092017 ASri Welas 

TRIBUNJAMBI.COM- Tidak ada satupun orang tua yang menginginkan derita untuk anaknya. Berkaca dari yang dialami artis Asri Welas, sebagai orangtua kita pun harus jeli melihat gejala katarak yang menyerang anak.

Pasalnya, penyakit katarak pada kenyataannya memang tidak hanya menyerang seseorang dengan usia lanjut, tetapi juga menyerang anak-anak.

Sudah sepantasnya orangtua memahami gejala-gejala katarak yang menyerang anak.

Menurut Dr. Ni Retno Setyoningrum, SpM(K), MMedEdu, penyakit katarak pada anak (katarak kongenital dan infantile) bisa dideteksi sejak dini.

Oleh karena itu diperlukan peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit ini dan imbauan pemeriksaan mata anak sedini mungkin.

"Secara global, terdapat 1,4 juta kasus kebutaaan pada anak dan setengahnya dapat dicegah. Prevalensi kebutaan terkait dengan status sosial ekonomi Negara, mulai dari sekitar 3:10.000 di Negara industri, serta 15:10.000 di Negara-negara miskin," papar Dr. Ni Retno.

Penyebab penyakit katarak pada pun anak bermacam-macam, yaitu herediter, infeksi selama masa kehamilan, kelainan sistemik pada usia dini, maupun idiopatik.

Selain itu, buta katarak pada anak berpengaruh akan fungsi penglihatan karena lensa mata berada dalam keadaan keruh sejak dini.

Biasanya, penyakit katarak pada anak terlihat seperti ada keputihan di pupil matanya.

Selain itu, anak menunjukkan gejala silau pada cahaya matahari.

Halaman
12
Editor: rida
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved