Agus Berangkat Dini Hari dan Fitri Terpaksa "Ngekos"

Demi bersekolah, puluhan siswa SMK N 1 Seimenggaris Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, harus menempuh jalan puluhan kilometer.

Agus Berangkat Dini Hari dan Fitri Terpaksa
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Salah satu titik perbatasan Indonesia dan Malaysia di Simanggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

TRIBUNJAMBI.COM, NUNUKAN - Demi bersekolah, puluhan siswa SMK N 1 Seimenggaris Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, harus menempuh jalan puluhan kilometer.

Agus (18), salah satu siswa kelas 12 Otomotif ini bahkan harus bangun pukul 03.00 Wita agar tidak terlambat sampai ke sekolah.

Dari Desa Tabur Lestari, tempat orang tuanya tinggal, hingga ke sekolah yang berjarak sekitar 12 kilometer dia tempuh dengan menggunakan motor melalui jalan milik perusahan sawit yang sangat licin saat hujan karena berupa tanah.

Agus mengaku harus pulang pergi dari rumah ke sekolah karena merawat ibunya yang menderita kanker payudara. Meski capek karena harus berangkat dini hari dan pulang sampai rumah pukul 19.00 Wita, namun Agus tetap bersemangat menjalaninya selama hampir 3 tahun.

Setelah tamat dari SMKN 1 Seimenggaris, Agus berencana mendaftar jadi polisi atau memilih kuliah.

"Saya anak tunggal, harus jaga ibu karena sakit kanker payudara, terpaksa pulang pergi untuk ke sekolah," ujarnya, Senin (11/08/2017).

Selama di perjalanan, Agus mengaku tidak asing lagi dengan ular kobra yang sering dia temui di tengah perjalanan. Agus biasanya berhenti sejenak untuk membiarkan ular cobra menjauh dari jalan.

Baca juga: Perjuangan Retno, Terlahir dari Orangtua Tunanetra, Cari Beasiswa untuk Kuliah dan Lulus Cumlaude

Hambatan lainnya adalah saat turun hujan. Agus dipastikan tidak akan sampai ke sekolah karena jalanan yang sangat licin.

"Kalau tidak hujan bisa 3 jam sampai sekolah, kalau hujan terpaksa telepon guru minta izin tidak masuk sekolah," imbuhnya.

Halaman
123
Editor: suci
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved