Para Penunggak Pajak

Puluhan Juta Ditunggak, Padahal Kendaraan Dipakai Pengusaha Ini Cari Uang

“Bukan cuma saya saja, teman-teman lain yang punya truk juga banyak yang tidak bayar, apalagi kalau yang truknya hanya dipakai di kebun

Puluhan Juta Ditunggak, Padahal Kendaraan Dipakai Pengusaha Ini Cari Uang
TRIBUN JAMBI
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Pajak kendaraan di Provinsi Jambi banyak yang tidak dibayar oleh pemiliknya. Terlebih kendaraan yang selama ini dioperasikan jauh dari pusat kota.

MS, seorang pengusaha sawit di Jambi, mengungkapkan hal itu kepada Tribun. Dia juga satu di antara orang yang tidak membayar pajak kendaraan jenis truk.

MA punya tiga unit mobil dan dua unit truk. Dia menyebut hanya dua unit mobil yang pajaknya masih hidup. Satu unit mobil lagi dan dua unit truknya sudah lama pajaknya tak dibayar.

Baca: Ya Ampun, Pengusaha Ini Tidak Bayar Pajak Tiga Kendaraannya, Ini Alasannya

“Bukan cuma saya saja, teman-teman lain yang punya truk juga banyak yang tidak bayar, apalagi kalau yang truknya hanya dipakai di kebun angkut sawit,” ungkapnya pekan lalu.

Suasana pelayanan di UPTD Samsat Kota Jambi
Suasana pelayanan di UPTD Samsat Kota Jambi (TRIBUNJAMBI)

Terkait kendaraannya, dia mengaku ada yang pajakya sudah tidak dihidupkan lagi sejak tiga tahun lalu, ada juga yang sudah mati pajaknya sejak tujuh tahun lalu.

Dia menyebut mobil yang tidak dibayar pajaknya itu tidak terlalu sering dipakai. Sementara dua unit mobil yang dibayar pajaknya cukup aktif dipakai. Satu dia yang pakai dan satu lagi oleh anaknya.

Sedangkan terkait truk, dia beralasan pajaknya tidak dibayar karena selama ini kebanyakan digunakan di kebun.

“Hanya untuk angkut sawit dari kebun ke pabrik. Tidak ada razia kalau di dalam kebun, jadi aman-aman saja selama ini,” ungkapnya.

Baca: Terungkap! Banyak Orang Kaya Tunggak Pajak di Jambi

Pajak kendaraan yang tidak dibayar itu, terangnya, bila dihitung seluruhnya lebih dari Rp 25 juta.

Diberitakan sebelumnya, jumlah kendaraan di Provinsi Jambi yang pajaknya tidak dibayar ternyata cukup banyak.

Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, jumlah yang pajaknya ditunggak berasal dari setidaknya 200 ribu unit kendaraan.

Jumlah ini sudah berkurang jauh dibandingkan setengah tahun yang lalu. Pada awal tahun lalu, ada 600 ribu unit kendaraan yang pajaknya tidak dibayar. (*)

Penulis: tribunjambi
Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved