Ini Penyebab Longsor Versi Pemilik Keramba

Rudy pemilik keramba yang hanyut akibat longsor sebut satu dari penyebab longsor tersebut, karena masih adanya penambangan tanpa izin dikawasan sungai

Ini Penyebab Longsor Versi Pemilik Keramba
TRIBUNJAMBI/ABDULLAHUSMAN
22082017_longsor6 

Laporan wartawan tribun Jambi abdullah usman

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rudy pemilik keramba yang hanyut akibat longsor sebut satu dari penyebab longsor tersebut, karena masih adanya penambangan tanpa izin dikawasan sungai.

Menurut Rudy, Dengan kejadian longsor tersebut bukan semata karena hujan deras yang mengguyur selama semalaman. namun ada faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut sehingga teejadi longsor.

Satu diantaranya dengan masih adanya aktifitas peti yang beroperasi di sepanjang sungai batang hari. secara teori dengan adanya proses pengeeukan dibagian tengah sungai maka kondisi sungai akan cekung, sehingg membuat bibir sungai jadi rawan erosi.

" Bayangkan kalo bagian tengah sudah cekung, ditambah aliran air deras dipinggiran kita bisa bayangkan apa yang terjadi. tanah yang dipinggir inilah yang berdampak," Jelasnya.

Dirinya juga menambahkan betapa parahnya kondisi dasar sungai akibat peti tersebut, sebelum terjadi longsor pada sisi bibir sungai terdapat dua buah pohon besar yang berguna sebagai penyangga erosi.

" Dua pohon tersebut tak mampu menagan pergerakan tanah, bahkan berpindah hingga 100 M dari titik awal," Pungkasnya. 

Penulis: Abdullah Usman
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved