Lingkungan

Ini Penjelasan Dinkes BatanghariTerkait Temuan Limbah B3 di TPA ABM

Dinas Kesehatan Batanghari sebut Limbah B3 baik dari rumah sakit maupun industri tidak dibenarkan di buang bebas dan ada pengolaan khusus, untuk rumah

Ini Penjelasan Dinkes BatanghariTerkait Temuan Limbah B3 di TPA ABM
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Plt Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, Elfie Yennie 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dinas Kesehatan Batanghari sebut Limbah B3 baik dari rumah sakit maupun industri tidak dibenarkan di buang bebas dan ada pengolaan khusus, untuk rumah sakit di batanghari sendiri telah memiliki pengolahan limbah tersendiri, Selasa (15/8)

Hal ini dikatakan Plt Kepala Dinkes Batanghari Elfie Yennie saat dikonfirmasi terkait temuan limbah B# di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Menurutnya, bahan limbah berbahaya dan beracun atau yang kerap dikenal dengan sebutan limbah (B3), merupakan limbah beracun dan  berbahaya.

Dalam melakukan pemusnahannya harus menggunakan alat khusus. Untuk kalangan rumah sakit dibulian sendiri telah memiliki pemgolahan sendiri dan juga bekerja sama dengan pihak ke tiga untuk pengolahaannya.

" Untuk limbah sampah B3 tersebut dibedakan dari dua jenis yaitu, sampah inveksius dan non inveksius dalam artian dapat mencemari lingkungan," ujarnya

Dengan temuan dilapangan tersebut, dirinya akan segera melakukan pembinaan terhadap puskesmas maupun rumah sakit, dalam pengolahan limbah B3 nya masih belum baik.

" Tidak menutup kemungkinan juga akan ada sangsi sesuai aturan kepegawaian. jika memang mereka terbukti menyalahi aturan," Pungkasnya. 

Penulis: Abdullah Usman
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved