Breaking News:

Ingatkan Soal Vaksin Kanker Serviks, Followers Ruben Malah Ribut Soal Ini

Presenter kondang Ruben Onsu mengingatkan followersnya tentang pentingnya vaksin untuk mencegah penyebaran kanker serviks.

Penulis: rida | Editor: rida
Instagram/Ruben Onsu
Foto yang diunggah akun instagram @ruben_onsu. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Presenter kondang Ruben Onsu mengingatkan followersnya tentang pentingnya vaksin untuk mencegah penyebaran kanker serviks.

Baca: Kehilangan Sahabat Karena Kanker Serviks, Ruben Bilang Begini pada Followersnya

Dalam sebuah postingan di akun instagramnya, Ruben memasang fotonya bersama sahabatnya Julia Peres yang pada Juni lalu meninggal dunia karena kanker serviks.

Ruben berharap dengan vaksin, followersnya dapat menyelamatkan orang-orang terkasih dari ganasnya kanker serviks.

Baca: Kangen Jupe, Ruben Onsu Posting Ini di Instagram

"Saya baru saja kehilangan seorang sahabat, Julia Perez yang meninggalkan kita semua bulan Juni lalu setelah melawan penyakit kanker serviks selama beberapa tahun terakhir. Fakta miris yang baru saya ketahui adalah karena saat ini kanker serviks merupakan salah satu kanker pembunuh terbanyak di Indonesia. Tahukan Anda bahwa saat ini 26 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena Kanker Serviks? Dan sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia belum menyadari tentang penyakit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) ini," katanya

Padahal, lanjut Ruben, virus ini dapat menginfeksi perempuan sejak usia dini. Sayangnya karena pengetahuan masyarakat yang sangat rendah terhadap penyakit ini, lebih dari separuh perempuan yang didiagnosa mengidap kanker serviks, baru mengetahuinya saat usia produktif mereka, saat-saat dimana dirinya sangat dibutuhkan oleh keluarganya. Banyak sekali kasus dimana pasien baru mengetahui dirinya menderita kanker serviks setelah dirinya berada pada stadium lanjut yang berarti kesempatan untuk penyembuhan sudah sangat kecil dan akhirnya menyebabkan tingginya angka kematian untuk perempuan di Indonesia.

"Kanker serviks dapat dicegah, yaitu dengan pemberian vaksin HPV, dimulai dengan vaksinasi saat anak perempuan berusia 9 tahun, karena justru di usia muda tubuh memberikan proteksi imun yang lebih baik. Sedangkan untuk perempuan dewasa harus melakukan skrining terlebih dahulu melalui tes Pap smear / IVA sebelum menerima vaksinasi," tulisnya.

Untuk membebaskan Indonesia dari kanker serviks, diperlukan tindakan yang saling berhubungan dan berkelanjutan dari pemerintah maupun setiap lapisan masyarakat dalam mencegah kanker serviks. Salah satunya adlh dengan menyebarkan tentang kesadaran seputar kanker serviks dan pencegahannya, serta menganjurkan untuk melakukan pencegahan segera melalui vaksinasi HPV serta deteksi melalui skrining.

"Maka dari itu, saya membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak dan kerja sama untuk menandatangani petisi ini di BIO saya,' sebutnya.

Membaca postingan Ruben ini, Followersnya justru memperdebatkan biaya vaksin yang dikenal tidak murah itu.

iandriyanidany: Mau cek tak ada duit gimana kak @ruben_onsu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved