Bangle Sangat Berguna Meredakan Pilek pada Bayi, Juga untuk Melangsingkan Tubuh

TRIBUNJAMBI.COM– Bangle (Zingiber cassumunar Roxb., sinonim: Zingiber purpureum Roxb.). Terna dari suku

TRIBUNJAMBI.COM– Bangle (Zingiber cassumunar Roxb., sinonim: Zingiber purpureum Roxb.). Terna dari suku Zingiberaceae ini berbatang semu, tinggi bisa 1,5 m.

Batang terdiri dari balutan pelepah daun. Bunga  gelondong muncul di tanah, dari rimpang samping.  Rimpang kuning kehijauan, rasa pedas dan pahit, aroma menyengat.

Rimpang mengandung minyak atsiri (sineol, pinnen, seskuiterpen), mineral, albuminoida, lemak, resin, serat, dan asam organik.

(baca juga: Mulai dari Jahe Hingga Bawang Putih, Inilah Cara-cara Alami Mencegah Penyakit Jantung)

Berkhasiat hangatkan badan, keringkan luka, dan hilangkan rasa sakit. Bisa untuk obat memar, rematik, menurunkan panas, serta bersifat karminatif dan antiradang.

Bangle juga berkhasiat mengurangi lemak dalam tubuh.

Kegunaan dan penggunaannya

Pilek pada bayi: Rimpang bangle secukupnya, kupas dan cuci bersih. Tumbuk halus bersama bawang merah, cengkih, dan kapulaga. Tempel pada ubun-ubun bayi (saat bayi tidur).

Sakit kepala atau sakit perut karena masuk angin: Rimpang bangle secukupnya, kupas, dan cuci bersih. Tumbuk sampai halus. Tempel pada bagian yang sakit.

Bengkak: Rimpang bangle secukupnya. Cuci, parut, beri sedikit air. Borehkan parutan rimpang pada bagian tubuh yang bengkak.

Halaman
123
Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved