Arsip

Badan Arsip Bungo Meminta Anggaran ke Anri untuk Depo

Arsip-arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bungo tidak disimpan di Badan arsip. Arsip masih disimpan di masing-masing OPD. Pengelolaan arsip ter

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO - Arsip-arsip Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bungo tidak disimpan di badan arsip. Arsip masih disimpan di masing-masing OPD. Pengelolaan arsip tergantung oleh masing-masing OPD.

Zulpadli selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bungo mengatakan, pihaknya akan mengusahakan adanya depo arsip. “Kedepannya kami mau minta Anri (Arsip Nasional RI) membuat atau menganggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Bungo,” katanya.

Dia mengatakan arsip di pemerintahan Kabupaten Bungo belum terorganisir oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip. “Saat ini kita belm punya depo arsip. Hanya ruang biasa,” katanya.

“Arsip tetap di masing-masing OPD,” katanya.

Dia mengatakan penarikan arsip oleh OPD-nya hanya satu tahun sekali. Terkait pengajuan dana untuk depo arsip Zulpadli mengatakan pihaknya sudah mengajukan dalam APBD.

“Dalam APBD tahun depan kalau dikabulkan,” katanya.

 Sumrahyadi selaku Sekretaris Utama Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri) memang ada DAK untuk daerah nantinya. Namun untuk saat ini pihaknya sementara mendorong dalam bentuk pemetaan dan sinergisitas program.

Sumrahyadi mengakui bahwa banyak badan arsip di daerah memperihatinkan. Piaknya melakukan pemetaan kondisi arsip di daerah terlebih dahulu untuk lebih memahami keutuhan badan arsip di daerah.

“Saat ini baru dua provinsi yang tergolong rapi pengarsipannya. Yaitu Jawa Timur dan Jawa Tengah,” katanya.

Arsip-arsip ini kata Sumrahyadi berguna untuk kebutuhan instansi pemerintahan sendiri. Selain itu juga dapat sebagai engingat ientitas daerah sendiri, seperti sejak kapan berdiri kabupaten Bungo atau mengapa lambang daerah Bungo seperti sekarang.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved