VIDEO: Nawawi Lari Ambil Spanduk Padamkan Kobaran Api

TRIBUNJAMBI.COM, MUARO BUNGO - Nawawi (68) lari keluar dari rumahnya. Sekitar 5 meter dari pagar seng

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, MUARO BUNGO - Nawawi (68) lari keluar dari rumahnya. Sekitar 5 meter dari pagar seng rumahnya api membesar. Angin mengarah ke rumahnya. Api menjalar dari pohon ke pohon, dari daun ke daun.

Dia mendekati pagar sengnya untuk mengambil spanduk yang digunakan untuk meneduhkan tanaman ubinya di dekat pagar. Kebakaran itu dilihatnya terjadi sekitar pukul 12 siang. Dia terpaksa pergi ke depan rumahnya yag sedang dibangunnya. Bahan rumahnya hanya dari seng , kayu dan sedikit semen.

“Dak tau siapa yang bakar,” katanya sambil menunjuk tempat asal kebakaran, pada Kamis (3/8) siang itu.

Beruntung katanya sekitar jam 13.00 api mulai padam. Padam sendiri dan juga oleh pemadam kebakaran. Tinggal lahan yang menghitam dan asap keluar sesekali dari tanah. Asap sesekali masih keluar ketika angin berhembus.

“Kalau dak pakai pagar seng ini mungkin rumah saya terbakar juga,” kata pria sepuh yang hanya menggunakan celana pendek ini.

Rumah Nawawi adalah tempat tinggal paling dekat dengan lahan yang terbakar ini. Lahan ini berada di pinggir jalan, tepatnya jalan bandara rimbo tengah. Lahan ini hanya berisi semak belukar dan pepohonan. Namun tertancap sebuah plang keciil bertuliskan tanah ini milik Syamsul Bahri.

“Dua armada dan satu tangki dengan 5000 liter air kita turun,” kata Lhasdra

Sakti selaku kabid kebakaran di dinas satpol pp dan pemadam kebakaran.

Petugas menyisir lahan-lahan yang sekiranya terkena rembetan api. Selain armada penyelamat satu tangki dengan air 5000 liter ikut turun memadamkannya lahan terbakar yang berkisar 2 hektare ini.

Lashdra mengatakan ini kasus kebakaran ke-44 yang terjadi di Bungo. "Iya, kasus d dominasi kebakaran lahan enam bulan ini," katanya.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved