Mengapa Lubuk Larangan Penting, Ini kata Profesor dari Amerika

Dalam kesepakatan dinas pendidikan dengan universitas sebelas maret surakarta dan HObbart and William Smith College tertulis

Mengapa Lubuk Larangan Penting, Ini kata Profesor dari Amerika
TRIBUN JAMBI/HERU PITRA
Ilustrasi. Warga memancing di lubuk larangan

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Dalam kesepakatan dinas pendidikan dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Hobbart and William Smith College tertulis tentang pentingnya lubuk larangan. Lubuk larangan menurut mereka penting menjadi kurikulum konservasi lingkungan untuk anak Sekolah Dasar.

Etin Anwar selaku profesor sekaligus dosen dari Hobbart and William Smith Colleges, Amerika Serikat,mengatakan lubuk larangan ini penting. Sebab pada pengelolaannya masyarakat memiliki kesadaran sendiri untuk konservasi alam pada sektor kekuatan lokal.

“Itu sangat penting dalam kerangka hidup sekarang yang lebih banyak mementingkan privatisasi tanah sangat diutamakan dan dimana keuntungan per seorangan juga diutamakan,” katanya.

“Dengan adanya lubuk larangan ini masyarakat bisa bersama-sama menjaga dan berbagi, dengan kesadaran sendiri,” tambah perempuan asli Sunda ini.

Pertanyaan penting selanjutnya menurut Etin adalah bagaimana mentransfer nilai-nilai ini ke generasi selanjutnya. “Bukan hanya di tingkat lokal. Tapi juga di daerah lain di Indonesia. Di Indonesia bagian lain pasti banyak terkait kearifan masyarakat adat,” katanya.

Dia mengatakan sekarang mungkin masih bisa menikmati melimpahnya sumber daya alam yang sekarang. Namun, kita tidak tahu bagaimana 50 tahun ke depan. “Apakah perkebunan sawit masih tetap perkebunan sawit? Apakah pertambangan masih tetap pertambangan?, kita tidak tahu,” katanya. (*)

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved