Dua Helikopter ‘Bombardir’ Tanjabtim

Bom tersebut dijatuhkan baik menggunakan helikopter jenis bell dan jenis kamov

Dua Helikopter ‘Bombardir’ Tanjabtim
TRIBUN JAMBI/EKO PRASETYO
Satu di antara helikopter yang digunakan Satgas Karhutla Jambi untuk memadamkan api 

Laporan Elfride Siagian

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Jambi hingga saat ini masih melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Diungkapkan Hamdan, Kepala BPBD Provinsi Jambi, total lahan terbakar dari Januari hingga Juli 2017 mencapai 369 hektar.

Dia bilang lahan yang terbakar merupakan lahan masyarakat. “Tetapi data lengkap akan terus kita garap dengan instansi yang terkait,” jelasnya, Kamis (3/6).

“Total hotspot (titik panas) selama Juli 2017 mencapai 41 titik, tersebar di tujuh kabupaten,” kata Hamdan.

Kabupaten Tebo terdapat 22 titik, Tanjung Jabung Barat terdapat 9 titik, Tanjung Jabung Timur terdapat 2 titik, Batanghari terdapat 4 titik, Muaro Jambi dan Merangin terdapat 1 titik.

Untuk pemadaman api selama ini dibantu water bombing (bom air). Bom tersebut dijatuhkan baik menggunakan helikopter jenis bell dan jenis kamov. “Juli totalnya kita jatuhkan 369 bom air dan 1-2 Agustus satgas menjatuhkan 114 bom air,” jelasnya.

Dijelaskannya, helikopter bell sudah menjatuhkan 285 bom air dan Kamov sudah menjatuhkan 128 bom air. WKS juga membantu dalam melakukan pemadaman karhutla. “Mereka membantu dengan menjatuhkan sebanyak 68 kali bom air di HLG Bram Hitam dan Batas Riau,” jelasnya.

Dia menyebut hingga kini pemadaman masih terus berlangsung, yakni di lahan gambut seluas sekitar 10 hektar, di simpang berbak Kecamatan Sadu. “Pemadaman dilakukan dengan dua helikopter dibantu Satgas darat, Manggala Agni Daops Berbak,” jelasnya.

Hingga kini, Satgas sudah menemukan satu orang tersangka yang diproses di Polres Tebo, atas nama Ennis Turmaida Panggabean.

Satu orang diamankan di Polres setempat atas nama Baharudin alis Ucok warga Sinar Wajo, serta tersangka baru yang diamankan atas nama Nartoni alias Sugar warga Tanjung Sari, Tebo.  

Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved