Breaking News:

Puluhan Kosakata Melayu Jambi Masuk KBBI, Bisa Diunduh di Play Store Lho

Puluhan kosakata Melayu Jambi masuk edisi kelima dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

net
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Puluhan kosakata Melayu Jambi masuk edisi kelima dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kepala kantor Bahasa Provinsi Jambi Syaiful Bahra, mengatakan masuknya puluhan kosakata Melayu Jambi berkat kerjasama Kantor Bahasa Provinsi Jambi dan perlindungan Badan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dikatakanya ada 51 kosakata Melayu Jambi yang telah masuk dalam KBBI diantaranya adalah Depati, Baselang, Ambung, Dompeng,Depati, Mendah Kincai, Piak Seluk, Mandi Safar, Galeng, Gazal dan lain lain.

"Saat ini ke 51 itu kosakata lama yang diajukan oleh kantor bahasa,"katanya kepada Tribun, Selasa (25/7).

Dalam pengayaan kosakata ini ia mengatakan tidak menjadi tanggung jawab Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Tapi masyarakat umum, mahasiswa,wartawan,dosen, dan lembaga adat,"semua masyarakat yang mengusulkan yang cinta dan peduli terhadap bahasa Melayu Jambi datang silahkan unduh aplikasinya, agar lebih banyak lagi kosakata baru Melayu Jambi,"katanya.

Ia menjelaskan kosakata yang diusulkan oleh semua masyarakat nantinya harus terlebih dahulu di verifikasi oleh pihak terkait,"Dilihat oleh kantor pusat dulu laporannya apakah memenuhi kriteria atau tidak,jadi tidak bisa juga langsung masuk,"katanya.

Ia mengatakan aplikasi ini dibuat langsung oleh kementrian pendidikan dan kabudayan, yang mana dananya menggunakan APBN.

Aplikasi ini dikatakanya setiap enam bulan sekali akan di update software nya, apakah ada penambahan kosakata baru ataupun perubahan kosakata.

Ia mengatakan, KBBI edisi kelima ini bisa di unduh di Play Store dengan cara penggunaannya sangat mudah dan bisa diakses tanpa menggunakan jaringan internet.

Ia berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi,ikut ambil bagian dan mengusulkan dalam menambahkan kosakata baru KBBI,"dulu yang nengusulkan hanya peneliti saja, tetapi sekarang kita balikan ke masyarakat yang mengusulkan,"tutupnya.

Penulis: Niko Firmansyah
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved