Ini Mahluk yang Dikaruniai Umur Panjang

Berdasarkan pengakuannya, September 2016 lalu mbah Gotho berusia 146 tahun. Jika benar, mbah Gotho mengalahkan manusia tertua

Ini Mahluk yang Dikaruniai Umur Panjang
NOAA
cacing tabung 

TRIBUNJAMBI.COM - Berapa usia tertua yang bisa dimiliki makhluk hidup?

Bagi manusia, rekor umur tertua didigua dimiliki oleh Sodimedjo alias mbah Gotho.

Berdasarkan pengakuannya, September 2016 lalu mbah Gotho berusia 146 tahun. Jika benar, mbah Gotho mengalahkan manusia tertua yang pernah ada, Jeanne Louise Calment dengan usia 122 tahun.

Namun, umur 146 yang bagi manusia luar biasa ternyata belum apa-apa.

Vertebrata tertuadi dunia adalah kura-kura raksasa Galapagos (Chelonoidis nigra) dengan usia 177 tahun. Sementara, mamalia paling tua adalah paus kepala busur (Balaena mysticetus) yang umurnya mencapai 211 tahun.

Wilayah di bumi yang menyimpan makhluk-makhluk berumur panjang adalah laut dalam.

Koral hitam misalnya, bisa hidup lebih dari 4.000 tahun. Ikan rockfishbisa bertahan hingga 205 tahun.

Jangan lupakan juga kerang Ming, seekor quahog laut (Arctica islandica) yang hidup sampai usia tua 507 tahun. Bahkan ada gurita (Graneledone boreopacifica) yang memegang rekor untuk waktu mengeram terpanjang, yakni 53 bulan.

Sementara jeni cacing tabung (Escarpia laminata), hewan laut dalam dari Teluk Meksiko ini mampu berusia lebih lama hingga 300 tahun.

"Bisa berusia lebih dari 250 tahun, Escarpia laminata melebihi catatanumur panjang jenis lainnya," kata pemimpin peneliti Alanna Durkin dari Universitas Temple, Amerika Serikat seperti dikutip dari Science Alert, Senin (24/7/2019).

Halaman
123
Editor: awang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved