FOTO - Irene: The Power of Emak-emak Bisa Menjadi Penangkal Pemberitaan Hoax

Ketua Bhayangkari Cabang Kota Jambi Irene Fauzi Dalimunthe diundang menjadi narasumber dalam dialog Interaktif di Radio Republik Indonesia

FOTO - Irene: The Power of Emak-emak Bisa Menjadi Penangkal Pemberitaan Hoax
TRIBUN JAMBI/RYAN AIDILFI AFRIANDI

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ketua Bhayangkari Cabang Kota Jambi Irene Fauzi Dalimunthe diundang menjadi narasumber dalam dialog Interaktif di Radio Republik Indonesia (RRI) Jambi, Senin (24/7) pagi.

Dalam dialog tersebut, membahas tentang informasi atau pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya alias hoax. Hal ini sudah mulai dimanfaatkan segelintir oknum guna mengalihkan pemikiran seseorang melalui media sosial.

Bahkan, pemerintah sendiri melalui aparat terkait sudah mulai mengamati berita hoax yang disebar ke media sosial. Tentu berpengaruh buruk. Bahkan, sudah terbentuk komunitas anti hoax.

Istri dari Kapolresta Jambi ini juga berpendapat dalam menanggapi berita hoax yang kerap beredar di medsos. Pendapatnya cukup unik dalam menangkal pemberitaan yang tak melalui konfirmasi tersebut.

24072017_talkshow_RRI
Talkshow RRI (TRIBUN JAMBI/RYAN AIDILFI AFRIANDI)

Menurut Irene selain komunitas, peran seorang ibu dalam mengarahkan anak merupakan kekuatan yang besar dalam upaya menanggal terkait hoax ini. 

"Di Bhayangkari, kami juga turut mengingatkan anggota agar memberikan pemahaman di keluarga terutama anak untuk selektif terhadap media sosial, saya rasa itu lebih kuat, 'The Power of Emak-emak' bahasanya sekarang ini," kata Irene.

Sementara itu, Penggagas Generasi Anti Hoax Jambi, Geni Waseso mengungkapkan terbentuknya komunitas ini tidak lain untuk mengarahkan para generasi muda untuk lebih mencerna terkait informasi yang disebar melalui media sosial.

"Kita tahu bahwa pengguna media sosial didominasi para generasi muda, jadi niatan membuat komunitas ini agar mereka mau dan dapat lebih kritis dalam mencerna suatu informasi," kata Geni.

Tags
berita
hoax
Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved