Batanghari Kekurangan Kepala Sekolah

Dari data di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari tercatat setidaknya terdapat 130 orang Plt Kepsek jenang pendidikan SD/SMP.

TRIBUNJAMBI.COM - Saat ini cukup banyak jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) yang dijabat oleh Plt.

Dari data di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari tercatat setidaknya terdapat 130 orang Plt Kepsek jenang pendidikan SD/SMP.

Hal ini sangat disayangkan karena belum adanya pelantikan kepsek untuk mengisi kekosongan tersebut. Hal ini sebabkan masih menunggu hasil seleksi dari calon kepala sekolah. Selain itu, Kepsek saat ini sudah mulai mengeluh dikarenakan kinerja guru dan tanggung jawab tak seimbang dan berdampak tehadap percepatan pendidikan.

Menanggapi hal itu, Dinas pendidikan dan kebudayaan Batanghari mengakui kekurangan ini menjadi pekerjaan rumah untuk mengisi banyaknya kekosongan kepsek belum defenitif yang sudah berlansung lama.

“ Hingga saat jumlah kepala sekolah yang harus di defenitifkan sebanyak 130 orang kepsek dari tingkat SD dan SMP,” ujar Kabid Tenaga dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batanghari, M Syar’i Saman.

Dipaparkan Syar’i, dinas PDK saat ini tengah menunggu hasil dari penjaringan Cakep dari provinsi yang diikuti 50 orang Guru asal Batanghari untuk menyeleksi lagi kuota 35 orang guru untuk diseleksi melalui anggaran dinas PDK Batanghari.

“ Info terakhir ada 35 orang guru yang ikut seleksi Cakep dari pusat yang lulus. Berkemungkinan bisa berkurang lagi. Nah setelah itu barulah kabupaten akan menambah kuota dengan menyeleksi sebanyak 120 orang dari anggaran dinas PDK Batanghari,” sebut Syar’i.

Dikatakannya, untuk seleksi di tingakt kabupaten demi memenuhi kebutuhan yang ada, saat ini dinas PDK telah menerima 15 calon yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Cakep. Diakui Syar’i, peminat Kepsek sendiri belum disambut antusias guru. Mungkin ini disebabkan ada guru yang belum memenuhi syarat Cakep itu. “ Syaratnya, masa kerja, pendidikan terakhir minimal S1, rekomendasi kepsek dan pengawas dan pangkat minimal 3 C,” jelas Syar’i.

Selain itu, Syar’i juga mengatakan, bahwa dari jumlah yang nantinya akan mendaftar sebagai peserta cakep, akan dijaring lagi. Untuk mendapatkan 80 orang calon kepala sekolah. “ Minimal nantinya dari 120 cakep tersebut nantinya bisa terjaring 75 persen,” pungkasnya.

Untuk itu, disdik juga menghimbau agar guru yang sudah mampu dapat mengusulkan untuk memasukan bahan Cakep pada tahun 2017 ini. Ia juga menuturkan, banyak Plt dan masa jabatan dalam dua tahun sudah mulai habis.

“ Tujuan kita agar peserta cakep ini dapat mengisi kekosongan kepsek nantinya, karena syarat mutlak menjadi kepsek harus memiliki sertifikat cakep,” tandasnya

Penulis: suci
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved