Hati-hati, Mencabut Uban Bisa Sebabkan Kebotakan

TRIBUNJAMBI.COM - Mencabut uban kerap dilakukan. Ini karena satu dua helai rambut beruban yang muncul

TRIBUNJAMBI.COM - Mencabut uban kerap dilakukan. Ini karena satu dua helai rambut beruban yang muncul tersebut, membuat kita panik karena merasa usia masih muda.

Tetapi untuk mencabut uban yang muncul juga kita merasa takut karena khawatir nantinya uban akan bertambah banyak. Benarkah?

Sebenarnya kekhawatiran dan larangan mencabut uban tersebut tidak beralasan. Para ahli mengatakan, tak mungkin beberapa rambut tumbuh dari satu tempat yang sama.

(Baca juga: Catat! Tak Semua Orang yang Memiliki Kolesterol Tinggi Harus Makan Obat Penurun Kolesterol)

"Jika ada lebih dari satu rambut tumbuh pada tempat yang sama, itu terjadi karena bersatunya dua folikel rambut. Bisa terjadi tapi sangat jarang," kata Elizabeth Cunnane Phillips, ahli rambut.

Meski begitu, ia tidak menyarankan untuk mencabut uban. "Tak ada gunanya mencabut uban, lebih baik potong saja dengan hati-hati,' katanya.

Mencabut uban bisa menyebabkan kebotakan. Hal ini disebabkan folikel rambut yang mengalami trauma. Akibatnya rambut tidak tumbuh lagi, baik itu pada rambut di bagian kepala atau alis.

(Baca juga: Empat Lukisan Misterius di Dunia yang Katanya Bisa Bergerak, Salah Satunya Lukisan Prabu Siliwangi)

"Jika kita sering mencabuti uban pada satu area kepala, lama-lama tubuh akan mengirim sinyal ke folikel rambut untuk tidak perlu memproduksi rambut di area itu dan folikelnya beristirahat. Rambut pun jadi tipis dan bahkan botak pada satu area," paparnya.

Bila Anda tidak merasa percaya diri dengan rambut yang mulai memutih, lebih baik diwarnai saja. Jangan malah mencabut uban. (tabloid-nakita.com)

Reporter : Ade Sulaeman

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved