Dunia Gadget

Jangan Kaget, Android Lawas Bakal Tidak Bisa Akses Google Play Store

Jangan kaget apabila Android lawas Anda sudah tidak bisa mengakses Google Play Store. Google menyatakan akan menghentikan

Jangan Kaget, Android Lawas Bakal Tidak Bisa Akses Google Play Store
(Google)
Tampilan logo baru Google Play Store (kanan) dibanding logo lama. 

TRIBUNJAMBI.COM - Jangan kaget apabila Android lawas Anda sudah tidak bisa mengakses Google Play Store. Google menyatakan akan menghentikan dukungan Google Play Store di beberapa versi Android lawas.

Google mengumumkan akan berhenti memberikan dukungan untuk toko aplikasi di Android lawas, yakni seri 2.1 "Eclair" ke bawah. Rencananya penghentian dukungan akan dilakukan di akhir bulan Juni 2017.

Hal ini berarti, pengguna gadget dengan sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5, 1.6, 2.0, dan 2.1 bakal tidak bisa mengakses atau memasang aplikasi baru dari Google Play Store.

Sementara itu, Android 2.2 "Froyo" masih mendapatkan dukungan untuk Google Play Store tersebut.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (21/6/2017), pemutusan akses itu akan terjadi begitu saja pada 30 Juni 2017 mendatang. Pengguna tak akan mendapat notifikasi apapun mengenai hal itu.

Alasannya, menurut Google, kebanyakan para pengembang saat ini tidak lagi membuat aplikasi yang mendukung sistem operasi Android1.0, 1.1, 1.5 "Cupcake", 1.6 "Donut", 2.0, dan 2.1 "Eclair. Oleh karena itu, perusahaan memutuskan untuk berhenti mendukungnya.

Sementara itu, Google berjanji bahwa perusahaan akan mendukung keberadaan Play Store di sistem operasi Android anyar dalam durasi yang lebih lama.

Penghentian dukungan ini mestinya tidak bakal memberi dampak besar pada pengguna. Pasalnya, perangkat genggam yang mengadopsi sistem operasi tersebut sekarang sudah sedikit yang memakai, selain sebagai koleksi belaka.

Tulisan ini telh tayang di laman Kompas.com, Rabu (21/6) pukul 14.38: Jangan Kaget, Android Lawas Bakal Tidak Bisa Akses Google Play Store

Editor: fifi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved