Hama Keong Gerogoti Padi di Sarolangun

Keongnya cukup banyak mas, lagi pula kedalaman air sawah juga menhakibatkan susahnya memusnahkannya

Hama Keong Gerogoti Padi di Sarolangun
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kebanjiran yang melanda sawah-sawah di Kabupaten Sarolangun berimbas pada munculnya hama keong (siput murbai), yang dapat merusak tanaman padi petani. Bahkan ribuan telur keong yang siap menetas terdapat di areal pesawahan milik petani.

Seperti yang dialami oleh petani padi sawah di Kelurahan Sarolangun Kembang (Serkam). Ratusan keong berada di dalam persawahan mereka.

Asnidar (38) petani Serkam mengatakan, hama keong beberapa waktu terakhir menyerang tanaman padi mereka. Akibatnya padi yang mereka tanam menjadi rusak.

“Keongnya cukup banyak mas, lagi pula kedalaman air sawah juga menhakibatkan susahnya memusnahkannya,” ungkap Asnidar.

Berdasarkan penelusuran Tribun, hama keong bukan saja terjadi di keluahan Serka. Tapi dibeberapa desa juga khawatir dengan kemunculan hama keong ini.

Terkait persoalan hama keong ini, Kabid Produksi Tanaman Pangan, Lahmudin dikonfirmasi mengatakan, untuk mengatasi persoalan ini petani harus rajin menusnkan keong tersebut. Dia juga mengaku, telah menghubungi pihak Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K).

“Kita memang sudah mendengar kabar hama keong ini disawah petani. Kami sudah upayakan dan meminta kepada petani tetap memungut keong itu. Karena itu salah satu upaya jitunya,” sebutnya dihubungi via telepon, kemarin.

Diungkapkannya, cara lain seperti mengeringkan air sawah tidak mungkin bisa dilakukan. Sebab jika itu dilakukan akan menganggu pertumbuhan padi yang telah ditanam.

Sementara ini lanjutnya, selain meminta petani memungut keong-keong tersebut. Pihaknya juga telah melakukan pennyemprotan.

“Pihak BP3K juga sudah turun dan melakukan penyemprotan hama keongnya. Mudah mudahan berhasil,” tutupnya.(pit)

Penulis: heru
Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved