Bantuan Alat Pertanian, Petani di Kerinci Hanya Boleh Pinjam

Kelompok tani dalam kabupaten Kerinci, pada tahun 2017 ini tidak lagi bisa mendapatkan bantuan alat pertanian dari Kemeterian Pertanian RI.

Bantuan Alat Pertanian, Petani di Kerinci Hanya Boleh Pinjam
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Alat pertanian bantuan dari Kementerian Pertanian. Tahun 2017 petani hanya diperbolehkan minjam alat tersebut 

TRIBUNJAMBI.COM - Kelompok tani dalam kabupaten Kerinci, pada tahun 2017 ini tidak lagi bisa mendapatkan bantuan alat pertanian dari Kemeterian Pertanian RI.

Pasalnya, sejumlah alat bantuan pertanian dari pemerintah pusat, untuk tahun ini bagi kelompok tani, hanya diperbolehkan melakukan peminjaman.

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultural melalui Kabid Sarana dan Prasarana pertanian, Ahfaz, kepada sejumlah wartawan (19/6) kemarin, mengatakan, bahwa untuk tahun ini pihak mendapatkan bantuan alat pertanian ada sebanyak 37 unit.

"Kalau tahun ini, kita dapat bantuan, ada Hentraktor 20 unit, pompa air 12 unit,
Rais plenter 2 unit, nonbiner Harvester 3 unit," sebutnya.

Namun, kata Ahfaz untuk tahun ini, alat pertanian tersebut, tidak bisa dibagikan kepada kelompok tani hanya bisa pinjam oleh kelompok, hal dikhawatirkan disalah guna alat pertaniannya.

"Tahun tidak kita bagikan, karena hanya meminjam saja, kalau ada yang mau pinjam silahkan ajukan surat peminjamanya. Selain itu, pribadi juga bisa meminjam dengan melalui kelompok tani,"jelasnya.

Sedangkan untuk pengerjaanya, lanjut Ahfas, pihaknya menyiapkan petugas Brekade dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural. "Yang ada cuma untuk operasionalnya saja seperti beli minyak dan pemeliharaanya,"ucapnya.

Dia menambahkan untuk mempermudah pelayanan pihaknya akan menempatkan alat pertanian tersebut, di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) disetiap kecamatan dalam kabupaten Kerinci.

"Kita standbykan di kecamatan, kalau di tempatkan didinas kan jauh kelompok yang ingin meminjam. Kita harapkan bantuan ini bisa meningkatkan hasil pertanian di kabupaten Kerinci," tandasnya.

Penulis: hendri dede
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved