Inflasi

Darmin: Inflasi akhir Mei 0,20%-0,25%

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan jika laju inflasi nasional masih dalam tahap wajar

Darmin: Inflasi akhir Mei 0,20%-0,25%
KONTAN/CAROLUS AGUS WALUYO

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan jika laju inflasi nasional masih dalam tahap wajar dan aman memasuki bulan Ramadan.

Darmin optimistis hingga akhir bulan Mei inflasi tidak terlalu tinggi. Ia memperkirakan hingga akhir Mei inflasi sekitar 0,20%-0,25%. Komponen tertentu, seperti volatile food disinyalir turut menyumbang inflasi cukup besar hingga pekan ketiga Mei. Ini karena suplai yang kurang lancar menjelangRamadan.  

“Sekitar minggu kedua dan ketiga ini memang ada bahan pangan yang sedikit agak naik, tapi kami percaya bisa turun kembali di akhir bulan,” tuturnya, Jumat (26/5).

Darmin menjamin, untuk Tarif Dasar Listrik (TDL) maupun harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan tidak akan naik untuk meredam inflasi sampai Lebaran. Pemerintah sedang berupaya menekan dampak dari komponenvolatile food, agar inflasi bisa terjaga di angka 4% hingga akhir tahun.

Harga beberapa komoditas pangan memang mengalami kenaikan akibat banyaknya permintaan seperti bawang putih, cabai merah, telur ayam dan daging ayam. Selain itu, lonjakan harga daging sapi juga terdapat di beberapa daerah, seperti Aceh, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved