Penandatanganan MoU Laboratorium Daerah Dengan Sistem Cluster Provinsi Jambi

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi Terkait Program dan Kegiatan di Bidang Lingkungaan Hidup di Jambi

Editor: bandot
IST
Penandatangan MoU Antar Laboratorium Daerah Dengan Sistem Cluster Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi Terkait Program dan Kegiatan di Bidang Lingkungaan Hidup di Jambi pada tanggal 22- 23 April 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Jambi.

Peserta rapat koordinasi adalah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi.

Satu diantara pembicara dalam rakor tersebut adalah Pusat Pengendalian Pembangunan Eko region (P3E) Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam pemaparannya Kepala P3E Sumatera Drs. Amral Fery. M.Si, menyampaikan pentingnya peran laboratorium lingkungan daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup karena untuk membuat satu perencanaan pengelolaan lingkungan, harus didukung oleh data kualitas lingkungan yang valid.

Penyampain Materi oleh Kpl P3E Drs. Amral Fery. MSi, Kadis DLH Provinsi Jambi Dr. Evi Frimawati, SPt. MSi dan Kepala UPTD Labling DLH Provinsi Jambi Lies Indriani, ST.MM
Penyampain Materi oleh Kpl P3E Drs. Amral Fery. MSi, Kadis DLH Provinsi Jambi Dr. Evi Frimawati, SPt. MSi dan Kepala UPTD Labling DLH Provinsi Jambi Lies Indriani, ST.MM (IST)

Dengan demikian peran laboratorium lingkungan daerah sangat penting menghasilkan data kualitas lingkungan yang valid.

Dalam pemaparannya Drs. Amral Fery M.Si menginformasikan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak tahun 2006 sudah memberikan anggaran APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Lingkungan Hidup untuk pengadaaan peralatan laboratorium lingkungan di daerah, termasuk di wilayah Sumatera.

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Drs. Amral Fery. MSi Menyampaikan Materi Konsep Lab. Claster
Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Drs. Amral Fery. MSi P3E Sumatera Menyampaikan Materi Konsep Lab. Cluster (IST)

Di samping anggaran, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga melakukan pembinaan untuk peningkatan kapasitas teknis staf instansi lingkungan hidup di daerah melalui pelatihan, bintek dan in house training dan sebagainya.

Namun dari hasil evaluasi, tidak banyak laboratorium daerah yang meningkat kapasitasnya.

Hal ini terkait dengan ketersediaan anggaran, SDM dan komitmen kepala daerah baik dalam hal mengalokasikan anggaran operasional laboratorium maupun peningkatan SDM.

Untuk mempercepat peningkatan kapasitas SDM laboratorium lingkungan daerah, P3E Sumatera bekerjasama mengembangkan strategi pembinaan laboratorium melalui sistem cluster bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi.

Foto Bersama KPL P3E Sumatera dan Peserta Penandatangan MoU
Foto Bersama KPL P3E Sumatera dan Peserta Penandatangan MoU (IST)

Sistem cluster merupakan terobosan dalam melakukan pembinaan dan pengembangan laboratorium daerah melalui kerjasama antar laboratorium kabupaten/kota yang berdekatan dalam hal pengelolaan laboratorium serta pengujian parameter kualitas lingkungan.

Beberapa laboratorium di daerah yang ditetapkan sebagai laboratorium cluster akan didampingi dan dibina oleh laboratorium lingkungan P3E Sumatera dan laboratorium lingkungan Provinsi Jambi.

Sehingga laboratorium di daerah minimal mampu melakukan pengujian parameter kualitas lingkungan dengan data hasil pengujian yang valid dan tak terbantahkan sesuai SNI ISO/IEC 17025 dan PerMenLH No.06 Tahun 2009 bahkan hingga terakreditasi sebagai laboratorium penguji dan teregistrasi sebagai laboratorium lingkungan.

Laboratorium daerah lainnya sebagai laboratorium non cluster akan dibina bersama oleh laboratorium lingkungan P3E Sumatera dan laboratorium cluster sehingga mampu minimal melakukan sampling, pengujian parameter insitu serta pewadahan secara benar.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan kerjasama antara laboratorium yang ditetapkan sebagai laboratorium cluster dan laboratorium non cluster.

Laboratorium yang ditetapkan sebagai laboratorium cluster di Provinsi Jambi adalah Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun dengan anggota cluster laboratorium lingkungan Kabupaten Sungai Penuh, Laboratorium lingkungan Merangin dengan angota cluster laboratorium Kabupaten Kerinci, Laboratorium Lingkungan Kabupaten Batang Hari (cluster) dengan anggota Lingkungan Laboratorium Lingkungan Kabupaten Muaro Bungo dan Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi (cluster) dengan anggota cluster laboratorium lingkungan Kota Jambi, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved