Parenting

GALERI FOTO: Berapa Jam Maksimal Pemakaian Diapers?

PENGGUNAAN diaper seakan sudah menjadi gaya hidup bayi-bayi dan orang tua modern. Meski demikian kehati-hatian

GALERI FOTO: Berapa Jam Maksimal Pemakaian Diapers?
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - PENGGUNAAN diaper seakan sudah menjadi gaya hidup bayi-bayi dan orang tua modern.
Meski demikian kehati-hatian dalam penggunaan diaper tetap menjadi bagian penting yang harus disadari para orang tua.

Nany Mawaddah mengatakan ada beberapa hal menurut yang harus diperhatikan dalam pemakaian diapers.

"Pilih bahan yang tepat, bahan yang super lembut agar tidak meninggalkan bekas karet di sekitar pinggang dan pangkal paha bayi yang nantinya bisa memicu timbulnya kemerahan pada kulit bayi. Pilih yang memiliki daya serap tinggi agar kulit bayi tetap kering dan tidak lembab. " katanya.

21052017_ibu_bayi
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Selanjutnya, Sesuaikan ukuran bayi dengan diapers. Tidak hanya dari berat badannya saja, tetapi juga tinggi badan, lingkar pinggang dan juga lingkar paha bayi.

"Jika menimbulkan bekas karet pada sekitar pinggang dan pangkal paha bayi,maka bisa jadi diapers yang digunakan tidak sesuai dengan ukuran bayi. hal ini lah yang akan memicu timbulnya ruam popok, karena tidak adanya aliran udara yang masuk sehingga kulit bayi menjadi lembab," ungkapnya.

Sesering mungkin moms juga harus mengganti diapers pada bayi. Menurut Nani ini poin yang paling penting untuk mencegah ruam popok.

21052017_ibu_bayi
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

"Biasanya Ahza diganti popoknya 4 jam sekali. Meskipun memiliki daya serap tinggi, mengganti popok sesering mungkin akan lebih baik untuk kulit bayi yang sangat sensitif agar tidak menimbulkan bakteri atau jamur akibat kotoran yg dihasilkan sudah menumpuk," jelasnya.

Hal lain yang tidak kalah penting menurut Nani adalah sebelum menggunakan diapers, selalu oleskan diaper cream pada permukaan kulit yang tertutup popok nantinya. Ini bertujuan agar menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari iritasi ruam popok pada bayi.

"Sebelum mengganti popok pada bayi, bersihkan terlebih dahulu area yang ditutupi popok dengan tissue basah atau kapas kemudian keringkan. Terakhir perhatikan kebersihan tangan sebelum dan sesudah mengganti popok," pungkasnya.

21052017_ibu_bayi
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)
Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved