Taufik Yasak :Jangan Asal Tebang Pilih

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sejumlah kepala daerah seharusnya bisa menyelesaikan permasalahan hutang

Laporan wartawan Tribun Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sejumlah kepala daerah seharusnya bisa menyelesaikan permasalahan hutang piutang terkait Jaminan Keselamatan Daerah (Jamkesda) sejak program tersebut sudah terhenti dan berubah menjadi JKN KIS.

Dengan tidak terbayarkan tunggakan tersebut, hal hasil akan mengganggu terhadap pelayanan rumah sakit. Ini imbas dari neraca keuangan mandek akibat tunggakan yang belum dibayarkan kepada rumah sakit yang dirujuk.

Kejadian seperti diharapkan jangan terulang kembali di Tahun selanjutnya, ini mengingat kondisi keuangan negara belum stabil. Ditambah pendapatan di Rumah Sakit Raden Mattaher belum sepenuhnya diharapkan sebagai PAD.

Disisi lain, pihak RSUD Raden Mattaher harus tetap melayani pasien rujukan dari beberapa daerah, apa lagi mereka yang kurang mampu. Meskipun mereka tidak mendaftar di Jamkesda ataupun JKN KIS, namun mereka harus mendapatkan pelayanan yang prima, jangan asal tebang pilih.

Ini tidak dipungkiri, kebanyakan rumah sakit enggan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang kurang mampu karena tidak mendaftar ataupun mengakami tunggakan BPJS Kesehatan.

Selain itu, terkait polemik ini, diharapkan pihak rumah sakit membatasi orang miskin untuk berobat kerumah sakit.(kur)

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved