VIDEO: Membaca dan Menulis Alquran Praktis di Rumah Ibu Iyen

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berbeda dengan pelaksanaan pengajian antara magrib Isya (Pami) lainya yang di

https://youtu.be/34vbANdOOW8

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berbeda dengan pelaksanaan pengajian antara magrib Isya (Pami) lainya yang di laksanakan di masjid-masjid. Ibu Iyen (50) melaksanakan proses belajar mengajar di rumahnya.

Warga Blok FD No 1, Perumahan Bougenvil Rt 49, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Kota baru, kota Jambi ini, sejak 10 tahun lalu melaksanakan pengajian mahgrib isya (Pami) di rumahnya yang berukuran 3 x 6.

Rumah sederhana yang ia tempati bersama keluarga, setiap malam setalah salat magrib menjelang Isya di kunjungi anak-anak untuk belajar membaca dan menulis Alquran serta praktik ibadah praktis lainya, seperti berwudhu dan sembahyang.

Iyen menyebutkan, "anak-anak belajar dengan kondisi seadanya, himpit-himpitan, untuk menulis dilakukan di lantai," ujar Iyen.

Jumlah anak-anak yang belajar di Tempat iyen ini, berjumlah sekira 40 orang, bisa dibayangkan betapa padatnya saat proses belajar mengajar berlangsung.

Dalam mengajarkan ilmu agama, kepada anak-anak yang belajar di tempatnya, Iyen di bantu oleh suami, dan seorang putrinya.

Sistim belajar mengaji yang ia terapkan disini, ialah dengan klasik dengan metode memberikan kesempatan kepada anak-anak masing-masing memperlancar bacaan, selama beberapa menit, kemudian menghadap ke guru mengaji untuk memperbaiki kesalahan bacaan baik dari segi penyebutan huruf maupun tajwidnya.

Belajar mengaji dan ilmu agama di tempat Ibu Iyen ini, tidak mematok biaya kepada peserta didiknya, perlengkapan belajar seperti Alquran pun dibawa sendiri oleh anak-anak.

"Seikhlas orang tua murid saja, berapa mau bayar, tidak di bayar juga tidak apa-apa, Saya Ikhlas" Katanya.

Penulis: Zulkifli
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved